Advertisement

AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Pamerkan Tatah Sungging Wayang Kulit di Jakarta

Ujang Hasanudin
Jum'at, 15 Desember 2023 - 08:27 WIB
Ujang Hasanudin
AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Pamerkan Tatah Sungging Wayang Kulit di Jakarta AKN Seni Budaya Yogyakarta Pamerkan Tatah Sungging Wayang Kulit di Jakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta ikut serta dalam acara Vokasifest X Festival Kampus Merdeka di Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat. Dalama cara yang digelar selama dua hari dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut, AKN Seni dan Budaya Yogyakarta memamerkan tatah sungging wayang kulit dan aksesoris wayang.

Sungging wayang kulit kerap disebut juga tatah wayang atau ukir wayang, termasuk dalam salah satu kelompok seni rupa yang menjadi konsentrasi di AKN Seni dan Budaya Yogyakarta. Junende Rahmawati selaku kepala prodi Kriya di kampus tersebut dalam keterangannya, Jumat (15/12/2023) mengatakan dalam Vokasifest X Festival Kampus Merdeka banyak pengunjung yang mendatangis stand AKN Seni dan Budaya Yogyakarta.

Advertisement

Pengunjung, kata dia, cukup antusia karena dari banyak stan, hanya stan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta yang menampilkan tatah sungging wayang kulit. “Antusias pengunjung yang ingin mengetahui dan belajar tatah sungging lumayan banyak,” katanya yang juga ikut menjaga stan dalam acara Vokasifest X Festival Kampus Merdeka pada 11-12 Desember lalu.

Selain ingin mengetahui teknik pembuatan wayang kulit, pengunjung juga banyak yang membeli aksesoris wayang. “Bahkan ada beberapa orang dari pasukan pengawal presiden juga beli souvenir dan aksesoris berbentuk wayang kulit. Karena saat itu stan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta menjadi salah satu stan yang dikunjungi Bapak Presiden Joko Widodo, Mendikbudristek Bapak Nadiem Makarim dan jajarannya,” jelasnya.

BACA JUGA: OPINI: Kemerdekaan & Peran AKN Seni Budaya dalam Aktivitas Pelestarian

Junende mengatakan banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan ini, seperti apa kondisi di luar dan tentu belajar konsep pangsa pasar dunia kerajinan dan bagaiman cara menanggapi pengunjung yang datang serta belajar publikasi, promosi, konsep menata anjungan stan dan even.

Senda, Kasubag Tu AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Rais Faisal Akhyar, yang ikut dalam pameran dalam Vokasifest X Kampus Merdeka mengatakan keikutsertaan kampusnya di acara itu memberi banyak manfaat, salah satunya terjalinnya relasi baru dan memungkinkan kerjasama dalam bentuk workshop penciptaan media pembelajaran melalui wayang.

“Keterlibatan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta dalam acara festival vokasi ini adalah salah satu bukti bahwa AKN Seni dan Bduaya Yogyakarta ingin menunjukan eksitensinya di luar Yogyakarta sehingga masyarakat seluruh Indonesia mengetahui keberadaan kampus seni budaya di Yogyakarta. Selain itu juga kami ingin menunjukan apa saja hasil dari pembelajaran di Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta selama ini,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi penyelenggaraan Vokasifest X Festival Kampus Merdeka sebagai jembatan kerja sama antara perguruan tinggi dan sekolah dengan industri. ''Ini menunjukkan kolaborasi, menunjukkan kerja sama yang konkret antara perguruan tinggi, sekolah, dan industri yang sekaligus mendekatkan mahasiswa, mendekatkan siswa, ke dunia kerja,'' ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement