Advertisement

Sekda Sleman: Investasi Bertumbuh Diikuti Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Meningkat

David Kurniawan
Selasa, 19 Desember 2023 - 21:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sekda Sleman: Investasi Bertumbuh Diikuti Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Meningkat Investasi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sekda Sleman Hardo Kiswoyo mengklaim investasi di Sleman tumbuh dengan baik. Perkembangan tidak hanya dari sisis nominal, tetapi juga proses penyerapkan tenaga kerja lokal.

Meski tidak menyebut angka pasti, menurut dia, banyak warga lokal yang dilibatkan, baik saat pembangunan maupun saat pengoperasiannya. Misalnya, resto di Taman Martani, ada warga sekitar yang dilibatkan baik saat pembangunan maupun pengoperasian mulai dari tukang jaga atau pegawai untuk melayani para tamu.

Advertisement

“Pemakaian tenaga lokal merupakan bentuk kearifan lokal dan yang terpenting bisa untuk kelancaran usaha karena potensi konflik bisa ditekan,” katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga

Investasi di Sleman Capai Rp2,2 Triliun hingga Triwulan III/2023

Tersangka Kasus Investasi Fiktif di Jogja Segera Jalani Persidangan

Begini Capaian Realisasi Investasi Sleman pada 2021

Meski demikian, Hardo mengakui pada saat investasi dilaksanakan, masih menggunakan tenaga luar, khususnya menyangkut keahlian teknis. “Ada aturannya berapa porsi untuk tenaga lokal maupun dari luar daerah. Namun, untuk detailnya ada di organisasi perangkat daerah [OPD] terkait,” katanya.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sleman, Triana Wahyuningsih mengatakan capaian investasi di Triwulan III/2023 mencapai Rp2,23 triliun. Hal ini juga membuat Sleman menjadi salah satu penyumbang investasi terbesar di DIY.

“Untuk triwulan keempat baru dilaporkan di awal tahun. Tapi, dari yang masuk di triwulan ketiga menunjukan tren yang bagus,” katanya.

Secara umum, Triana menyebut jika penambahan investasi di Sleman terus meningkat pascapandemi. Hal ini terlihat dari nilai dari penanaman modal dalam negeri maupun dari pihak asing.

“Target di tahun ini hanya Rp1,1 triliun. Tapi realisasi hingga September sudah melampaui target,” katanya.

Di sisi lain masuknya investasi di Sleman turut mengerek penambahan tenaga kerja baru. Hingga Triwulan III, penambahan investasi yang terjadi di Sleman menambah adanya 6231 tenaga kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement