Advertisement

Pemeliharaan 7 Ruas Jalan di Kulonprogo Dimulai 2024

Triyo Handoko
Jum'at, 22 Desember 2023 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pemeliharaan 7 Ruas Jalan di Kulonprogo Dimulai 2024 Ilustrasi pemeliharaan jalan. Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program pemeliharaan jalan di Kulonprogo akan dilakukan di tujuh ruas pada 2024 nanti. Pemeliharaan yang akan dilakukan dengan menambal aspal hingga membangun sarana tambahan untuk menunjang kenyamanan tujuh ruas jalan itu.

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Penataan Kawasan (DPUPKP) Kulonprogo yang bertanggung jawab atas pemeliharaan jalan ini menyebut kemungkinan jalan yang dilakukan pemeliharaan bertambah ada saat anggaran perubahan pertengahan 2024 mendatang. “Tujuh jalan ini memang lebih kecil jumlahnya dibanding tahun ini, sehingga kemungkinan bertambah saat perubahan anggaran ada tergantung nanti,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kulonprogo, A. Nurcahyo Budi Wibowo pada Jumat (22/12/2023).

Advertisement

Baca Juga:

Disiapkan Rp68 Miliar, 47 Ruas Jalan di Kulonprogo Diperbaiki Tahun Depan, Berikut Daftarnya

Izin Penetapan Lokasi Tol Jogja YIA Dikeluarkan, Berikut Daftar 18 Kalurahan Terdampak di Kulonprogo

3 Jalan di Kulonprogo Jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas, Ini Rinciannya..

Pemeliharaan jalan sepanjang 2023, jelas Nurcahyo, lebih dari 10 ruas jalan. “Yang terpenting program ini terus dilakukan karena memang penting untuk terus melakukan pemeliharaan,” jelasnya.

Pemeliharaan yang dilakukan pada tujuh ruas jalan ini, lanjut Nurcahyo, dengan berkonsultasi dengan pihak ketiga terlebih dahulu. “Sebelum memutuskan bentuk teknis pemeliharaannya akan dilakukan survei dan konsultasi ke pihak ketiga agar tepat sasaran sesuai kebutuhan,” terangnya.

Pemeliharaan yang dilakukan nantinya juga akan dilakukan pihak ketiga, sambung Nurcahyo, dengan sistem tender terlebih dahulu. “Sementara untuk sosilisasi ke masyarakat sudah dilakukan di tujuh ruas jalan tersebut untuk menyerap aspirasi apa yang diperlukan dalam pemeliharaan tersebut nantinya,” katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan DPUPKP Kulonprogo Wuriandreza Gigih Muktitama menyebut tujuh jalan yang akan dialkukan pemeliharaan adalah Jl. Lendah-Sidorejo, Jl Giripurwo-Simpang Jonggrangan, serta Jl. Gondangan-Sidomulyo. Lalu ada juga Jl. Bendungan-BD. Giripeni, Jl. Banyunganti Kidul-Degung, Jl. Pasar Mudal-Jambon, dan Jl. GKJ Sribit-Watumurah.

Gigih menyebut tujuh jalan tersebut tergolong kondisi terkininya mengalami rusak ringan. “Ada yang berlubang, aspalnya terkelupas, dan perlu tanggul penopang, nanti bentuk pemeliharaannya mengikuti hasil konsultasi,” ujarnya.

Rata-rata panjang jalan di tujuh ruas itu yang dilakukan pemeliharaan, lanjut Gigih, sepanjang 150 meter. “Ada yang dihitung berdasarkan paket bukan panjang, seperti Jl. Lendah-Sidorejo dan , Jl. Pasar Mudal-Jambon nanti dilakukan sesuai kebutuhan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Drone Garda Revolusi Deteksi Sumber Panas Diduga Puing Reruntuhan Helikopter Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement