Advertisement

Fasilitasi Disabilitas Netra, KPU DIY Pastikan Tiap TPS Punya Dua Template Surat Suara

Alfi Annisa Karin
Kamis, 28 Desember 2023 - 20:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Fasilitasi Disabilitas Netra, KPU DIY Pastikan Tiap TPS Punya Dua Template Surat Suara Media Gathering KPU DIY dalam rangka Pemilu 2024, Kamis (28/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY memastikan proses pemungutan suara pada 14 Februari mendatang ramah untuk siapa saja. Termasuk bagi para tunanetra.

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi menuturkan nantinya di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) akan menyediakan dua jenis template surat suara braile. Pertama adalah template surat suara capres dan cawapres. Kedua adalah template surat suara calon DPD.

Advertisement

"Template itu yang dicetak braile itu nama, nomor capres cawapres, dan calon DPD," katanya, Kamis (28/12/2023).

Shidqi menerangkan template ini bukanlah kertas yang akan dicoblos oleh pemilih. Template surat suara diibaratkan sebagai luaran surat suara yang akan memudahkan pemilih tunanetra untuk mengetahui nama dan nomor capres-cawapres serta calon DPD. Nama dan nomor tersedia dalam huruf braile. Sementara pencoblosan tetap dilakukan di surat suara.

Baca Juga

Begini Mekanisme KPU Kota Jogja untuk Fasilitasi Penyandang Disabilitas

KPU Bantul Libatkan Lagi Disabilitas untuk Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara

KPU Gunungkidul Sediakan Alat Bantu Coblos untuk Tuna Netra

Template surat suara hanya tersedia untuk dua jenis pemilihan. Lantaran untuk surat suara DPRD Provinsi dan DPRD kota/ kabupaten memuat lebih banyak nama calon sehingga dikhawatirkan akan menyulitkan atau bahkan tidak terbaca. Shidqi menuturkan template surat suara saat ini masih dalam proses produksi.

"Bulan Januari sudah dikirim," katanya.

Sementara itu, dia menambahkan bagi pemilih difabel dan ODGJ diharapkan untuk bisa didampingi. Pendamping sebelumnya diminta untuk mengisi surat pendamping. Selain itu, pendamping harus bisa menjaga kerahasiaan calon yang dipilih oleh difabel ataupun ODGJ. "Yang penting bisa menjaga kerahasiaan," imbuhnya.

Saat ini sejumlah logistik telah diterima oleh masing-masing KPU Kota/ Kabupaten. Shidqi memastikan jumlah surat suara yang datang sesuai dengan jumlah kebutuhan di masing-masing TPS. Selain itu, ada juga logistik lainnya seperti bilik suara, kotak suara, tinta, pulpen, alat coblos, hingga bantalan alat coblos. Seluruhnya kini disimpan di gudang KPU masing-masing kabupaten/ kota. Selanjutnya, akan dilakukan proses setting.

"Kotak kami setting untuk menjadi kotak, kemudian bilik juga kami setting. Kemudian, perlengkapan lainnya seperti pulpen, alat, tanda pengenal, kami setting, kami ikat semua sehingga nanti Januari Februari sudah di-packing ke kotak suara," jelas Shidqi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement