Advertisement

Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan, 25 Kampung Wisata di Kota Jogja Dapat Alat Pengolah Sampah

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 29 Desember 2023 - 12:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan, 25 Kampung Wisata di Kota Jogja Dapat Alat Pengolah Sampah Kendaraan roda tiga pengangkut sampah yang diberikan oleh BOB kepada Kampung Wisata Prenggan di Balai Kota Jogja, Jumat (29/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Sebanyak 25 kampung wisata (kamwis) di Kota Jogja menerima alat pengolah sampah yang diberikan oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) di Balai Kota Jogja, Jumat (29/12/2023).

Bantuan yang diberikan terdiri dari satu unit mobil roda tiga pengangkut sampah yang diberikan kepada Kamwis Prenggan. Ada juga mesin pencacah sampah organik yang diberikan kepada Kamwis Sosromenduran, Cokrodiningratan, Dewobronto, dan Dipowinatan. Selain itu, kamwis lainnya turut menerima puluhan unit tempat sampah pilah.

Advertisement

BACA JUGA: Jogja Peringkat Pertama sebagai Kota Pilihan Berwisata, Belajar dan Menikmati Masa Tua

Pemberian alat pengolah sampah bagi kamwis ini merupakan bentuk kolaborasi antara Pemkot Jogja dengan BOB dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan. Penjabat Wali Kota Singgih Raharjo menyebut pariwisata berkelanjutan bisa diwujudkan salah satunya dengan pengelolaan sampah yang baik.

"Semangatnya adalah bagaimana sampah bisa diselesaikan di kampung itu. Tidak perlu di eksport ke kampung yang lain," ujar Singgih saat ditemui di Balai Kota Jogja, Jumat (29/12/2023).

Singgih menambahkan, ke-25 kamwis ini sebelumnya telah menerima pendampingan oleh BOB terkait pengolahan sampah. Selanjutnya, 5 kamwis terbaik akan diajukan ke tingkat provinsi. Harapannya, akan ada perwakilan Kota Jogja yang berkompetisi pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di tingkat Nasional.

"Pendampingan akan terus dilakukan, sehingga harapannya Kota Jogja menjadi tujuan favorit untuk dikunjungi," imbuhnya.

Direktur Utama BOB Agustin Peranginangin menuturkan pemberian alat pengolah sampah ini menjadi bentuk dukungannya untuk turut memajukan kamwis di Kota Jogja. Menurutnya, kamwis bisa menjadi alternatif pariwisata di Yogyakarta.

Apalagi, biasanya tiap kamwis punya keunggulan masing-masing  Sehingga, destinasi wisata yang dituju di Kota Jogja tak hanya itu-itu saja. Dia berharap, ke depan akan ada perwakilan kamwis yang maju pada ajang ADWI tingkat Nasional.

"ADWI ini bukan tujuan, tapi salah satu alat ukur sejauh mana desa wisata sudah menjalankan kategori pariwisata berkelanjutan," katanya.

Ketua Kampung Wisata Prenggan Rr Wiwiek Ngesti. WD mengaku senang pihaknya mendapatkan satu unit mobil roda tiga pengangkut sampah. Kendaraan ini baginya sangat bermanfaat untuk memaksimalkan upaya pengolahan sampah di wilayahnya.

Selama ini, Wiwiek telah berupaya permasalahan sampah berhenti di tingkat rumah tangga. Ini juga dibantu oleh operasional bank sampah di wilayahnya.

"Sehingga, hanya sampah residu yang bisa benar-benar terbuang," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement