Advertisement

Tol Jogja-Solo Fungsional Dibuka dari GT Karanganom Klaten Menuju Tol Trans Jawa Mulai 1 Januari 2024

Sunartono
Minggu, 31 Desember 2023 - 19:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Fungsional Dibuka dari GT Karanganom Klaten Menuju Tol Trans Jawa Mulai 1 Januari 2024 Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12 - 2023). / Antara

Advertisement

Harianjogjacom, JOGJA—PT Jasamarga Jogja Solo (PT. JMJ) selaku pengelola tol Jogja-Solo telah mengoperasikan jalur fungsional jalan Tol Jogja-Solo sejak Jumat 22 Desember 2023 dari arah Gerbang Tol Colomadu menuju ke Jogja. Terbaru jalur menuju ke Jogja tersebut akan ditutup dan diganti untuk arus balik dari Gerbang Tol Karanganom Klaten menuju Solo mulai 1 Januari 2024 pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA : Selama Arus Mudik Natal 55 Ribu Kendaraan Lewati Jalan Tol Jogja-Solo

Advertisement

Berdasarkan informasi yang diunggah di akun Instagram @jasamargajogjasolo_official pembukaan Gerbang Tol Karanganom, Klaten akan dimulai pukul 06.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB untuk arus balik dari Jogja menuju Solo dan Tol Trans Jawa. Pembukaan itu dilakukan satu arah hanya dari Jogja, sedangkan arah dari Solo sudah dilakukan penutupan.

“Seperti yang telah di beritahukan sebelumnya bahwa dalam rangka mendukung kelancaran periode libur Natal dan Tahun Baru 2024, PT. Jasamarga Jogja Solo bekerja sama dengan Dishub dan Polres Jawa Tengah telah mengoperasikan Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja Solo, kini tibalah pada hari menjelang Arus Balik yang telah kami jadwalkan yaitu pada tanggal 01 Januari 2024, Pukul 06.00 - 17.00 WIB dibuka Arus Balik satu arah, dari Yogyakarta menuju Solo dan Semarang melalui Gerbang Tol Karanganom Menuju Gerbang Tol Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa) dan Gerbang Tol Banyudono (tujuan Boyolali, Kartasura),” tulis akun Instagram @jasamargajogjasolo_official Minggu (31/12/2023)

Pada periode arus mudik Natal yaitu tanggal 22 Desember 2023 hingga 31 Desember 2023, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari Gerbang Tol Colomadu (Tol Trans Jawa) Kartasura menuju Gerbang Tol Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan Kartasura). Kemudian Gerbang Tol Karanganom (tujuan Klaten & Jogja).  

Serta masuk menuju Gerbang Tol Colomadu dari arah jalan raya Solo-Semarang dialihkan melalui GT Banyudono pada jam fungsional pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Sedangkan untuk arus balik pada periode tanggal 1 Januari 2024 hingga 3 Januari 2024 akan beroperasi satu arah dari Gerbang Tol Karanganom menuju Gerbang Tol Banyudono (tujuan Boyolali & Kartasura) dan GT Colomadu (tujuan Tol Trans Jawa).

BACA JUGA : Sepekan Dibuka, Tol Fungsional Solo-Jogja Dilewati 75 Ribu Kendaraan

“PT. JMJ menyiagakan sarana dan prasarana seperti Pos layanan Informasi Siaga dan beberapa petugas diantaranya PJR (Patroli Jalan Raya), MSC (Mobile Service Customer) disiapkan juga ambulance, BBM Mobile,Toilet portable serta Derek Gratis hingga exit tol terdekat,” tulis akun @jasamargajogjasolo_official.

Adapun jalan tol fungsional ini hanya untuk beberapa jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas. Di antaranya kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah sebesar 40 Km per jam.

“Dengan adanya jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kepadatan yang kerap terjadi di Tugu Kartasura dan jalan raya Solo – Semarang sehingga mampu memangkas waktu tempuh lebih cepat,”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilkada 2024, Warga Diimbau Pilih Calon Kepala Daerah yang Peduli Kesehatan Warga

News
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement