Advertisement

Pemancing Hilang di Kali Progo Belum Ditemukan, Cuaca Jadi Hambatan Pencarian

Triyo Handoko
Jum'at, 05 Januari 2024 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Pemancing Hilang di Kali Progo Belum Ditemukan, Cuaca Jadi Hambatan Pencarian Suasana pencarian pemancing yang hilang di selatan Jembatan Srandakan II dengan penyusuran tepian darat Kali Progo oleh SAR Sigap Kulonprogo, Jumat (5/1 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pencarian seorang pemancing yang hilang, Azlan Rhanmadika, 23, warga Kapanewon Lendah Kabupaten Kulonprogo sejak Kamis pagi (4/1/2023) terus dilakukan. Hingga kini pencarian tersebut belum membuahkan hasil, Jumat sore (5/1/2023).

Pencarian hari kedua sejak hilang ini diikuti 50 orang dari berbagai unsur. Koordinator SAR Sigap Kulonprogo Yohanes Sulis menyebut pencarian masih mengandalkan dua model, yaitu penyisiran darat dan air.

Advertisement

Armada yang digunakan untuk menyisir Kali Progo masih menggunakan dua prahu karet. Sedangkan penyisiran darat dilakukan di sekitar tepian Kali Progo mulai selatan Jembatan Srnadakan II hingga dua kilometer ke selatan.

"Hingga siang ini hasilnya masih nihil, cuaca juga agak mendung kemungkinan jika hujan akan dihentikan," kata Sulis, Jumat sore.

Hambatan dalam pencarian Azlan, jelas Sulis, ada cuaca yang jika hujan menyebabkan debit air Kali Progo bertambah. "Tidak hujan saja kalau daerah hulu hujan seperti di Magelang maka debit air akan bertambah," ungkapnya.

Pemancing yang hilang ini bermula saat seorang warga yang menemukan alat pancing, motor, hingga kaus berwarna biru di sisi selatan Jembatan Srandakan II pada Kamis pagi (4/1/2023).

Kemudian warga yang mencari pemilik motor hingga alat pancing itu karena tak kunjung menemukannya maka melaporkannya ke Polsek Galur. Mendapati laporan tersebut, personil Polsek Galur langsung mendatangi lokasi kejadian.

BACA JUGA: Ini Perkembangan Proyek JJLS Kelok 18, Kejar Target Operasional 2025

Hasil pemeriksaan personil Polsek Galur tersebut ditemukan tas berisi kartu identitas diketahui orang tersebut adalah Azlan. "Polsek Galur menemukan KTP dengan nama tersebut lalu mengidentifikasi alamatnya di Kapanewon Lendah, lalu berkoordinasi dengan Polsek Lendah," jelas Kasi Humas Polresta Kulonprogo Iptu Tritmi Noviartuti, Kamis siang.

Kasi Humas Polres Kulonprogo ini menjelaskan personil Polsek Lendah lalu mengkonfirmasi keberadaan Azlan oleh keluarganya di rumahnya. "Selanjutnya keterangan dari orang tuanya yang bersangkutan atas nama ibu Suwarni bahwa anaknya tersebut kemarin siang Rabu, (3/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB pamit mau mancing," ungkapnya.

Hingga kini Azlan yang sehari-hari bekerja sebagai buruh harian lepas belum ditemukan. Usah pencariannya melibatkan berbagai unsur dari SAR Kulonprogo, kepolisian, TNI, PMI, hingga kelompok sukarelawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sandiaga Angkat Bicara Terkait Syuting Film Artis Korea di Bali yang Terkendala Imigrasi

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement