Advertisement

Ular Sanca Sepanjang Tiga Meter Diamankan Damkar Saat Asyik Melahap Ternak Warga

Catur Dwi Janati
Kamis, 25 Januari 2024 - 17:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ular Sanca Sepanjang Tiga Meter Diamankan Damkar Saat Asyik Melahap Ternak Warga Tim Damkar Kulonprogo saat mengevakuasi ular sanca kembang yang memakan ternak warga di Derwolo, Pengasih pada Kamis (25/1/2024). - Istimewa // Damkar Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kemunculan seekor ular sanca di Derwolo, Kalurahan Pengasih menggegerkan warga. Ulat berjenis sanca kembang tersebut kedapatan memakan sejumlah ternak milik warga.

Aksi sanca sepanjang sekitar tiga meter ini pun selanjutnya terhenti usai berhasil diamankan oleh Tim Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kulonprogo. Personil Damkar Kulonprogo, Nevo Roby Haryadi menjelaskan temuan ular Sanca Kembang ini dilaporkan oleh warga Derwolo, Tumilah. Tim yang mendapati laporan itu lantas bergegas menangkap predator ayam tersebut.

Advertisement

"Tadi pagi sekitar pukul 00.28 WIB ada penangkapan ular di rumah warga Derwolo. Panjangnya kisaran 2,5 -3 meter," kata Nevo pada Kamis (25/1/2024).

BACA JUGA: Ada Penanak Nasi Bertenaga Koran di Jepang, Terbukti Efektif Saat Gempa Bumi Melanda

Dari keterangan Nevo, keberadaan ular ini pertama kali diketahui Tumilah saat mendengar suara gaduh dari kandang ayam miliknya. Saat dicek, ternyata ada seekor ular sanca kembang yang tengah lahap memangsa ayam.

"Awalnya itu ada suara gaduh di kandang ayam. Ketika dicek ternyata ayamnya sedang dimakan ular. Karena itu inisiatif telpon damkar, terus tim rescue tiga orang ke sana untuk melakukan evakuasi," tandasnya.

Kasus penemuan ular semacam ini diprediksi Nevo bakal kerap terjadi pada bulan-bulan ini. Bukan tanpa sebab, pasalnya pada momen-momen saat ini merupakan musim ular untuk bertelur.

BACA JUGA: Sempat Amblas Usai Diresmikan, Jalan Tawang - Ngalang Kembali Dibuka

Karenanya Nevo mengimbau masyarakat agar lebih waspada. Warga bisa melakukan antisipasi dengan membersihkan ruangan rumah yang berpotensi menjadi sarang ular.

"Kalau sekarang kan musim menetas ular, jadi pasti banyak yang keliatan di tempat rungkut. Karena itu harus dibersihkan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12 Pesawat Tempur China Terbang Rendah di Wilayah Taiwan

News
| Sabtu, 27 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement