Advertisement

Makan 2 Ekor Ayam, Ular Sanca Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Petugas Damkar di Sedayu

Jumali
Senin, 29 Januari 2024 - 13:57 WIB
Sunartono
Makan 2 Ekor Ayam, Ular Sanca Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap Petugas Damkar di Sedayu Petugas dari Damkarmat BPBD Bantul saat mengevakuasi ular sanca di Sedayu, Senin (29/1/2024) pagi - Damkamat BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Petugas Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) BPBD Bantul berhasil mengamankan satu ekor ular sowo kembang atau ular sanca, di Pembutan Dukuh  Semampir RT10,  Argorejo, Sedayu Bantul, Senin (29/1/2024) pagi.

Ular sepanjang 2,5 meter tersebut diamankan oleh petugas setelah sebelumnya memakan ayam milik warga. Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengungkapkan, awalnya pihaknya mendapatkan laporan dari Ngadiyono, warga Pembutan Dukuh  Semampir RT10,  Argorejo, Sedayu, Bantul pada pukul 05.40 WIB.

Advertisement

BACA JUGA : Musim Hujan, Damkarmat Jogja Evakuasi Ular, Biawak hingga Sarang Tawon

“Saat itu, Ngadiyono saat mau ngasih makan ayam kaget melihat ular memangsa dua ekor ayamnya. Karena takut kemudian Ngadiyono datang ke sektor 4 sedayu minta bantuan untuk menangkapnya. Petugas pun bergerak dan melalukam operasi penyelamatan,” kata Irawan, Senin (29/1/2024).

Menurut Irawan, saat operasi penyelamatan, tidak ada kendala berarti yang didapatkan oleh petugas. Dalam waktu tidak lama, ular tersebut pun berhasil diamankan. “Saat ini ular diamankan di pos sektor 4,” katanya.

Irawan mengakui selain bertugas menangani kebakaran, Damkarmat BPBD Bantul juga memiliki tugas untuk penyelamatan hewan. Berdasarkan data, Damkarmat BPBD pada tahun 2023, telah melakukan operasi penyelamatan hewan di 345 titik.

“Total di 2023 ada 815 titik operasi tawon dan penyelamatan hewan. Untuk operasi tawon ada 470 titik, dan penyelamatan hewan ada  345 titik,” ucap Irawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelatih Shin Tae-yong Diusulkan Dapat Gelar Kehormatan Warga Negara Indonesia

News
| Minggu, 28 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement