Advertisement

Wisata Gunungkidul Sepi saat Musim Hujan, Objek Wisata Sungai Kemungkinan Ditutup Sementara

Triyo Handoko
Rabu, 31 Januari 2024 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Wisata Gunungkidul Sepi saat Musim Hujan, Objek Wisata Sungai Kemungkinan Ditutup Sementara Ilustrasi wisata pantai Gunungkidul.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kunjungan wisatawan di Gunungkidul selama musim hujan diperkirakan menurun, Hal itu lantaran sebagian besar objek wisata di Bumi Handayani adalah berbasis alam.

Selain penurunan kunjungan wisatawan, Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul juga mengimbau peningkatan keamanan objek wisata selama musim hujan kali ini.

Advertisement

Berdasarkan data Dispar Gunungkidul, selama Januari ini terdapat 248.743 wisatawan yang berkunjung. "Kunjungan tertinggi awal Januari lalu karena momen Tahun Baru. Semakin ke sini semakin menurun apalagi musim hujan dan sempat ada cuaca ekstrem juga," kata Subkoordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Dispar Gunungkidul, Aris Sugiantoro, Rabu (31/1/2024).

Kondisi cuaca dengan intensitas hujan tinggi itu, menurut Aris, diperkirakan menyebabkan kunjungan wisatawan menurun. "Karena wisata di sini didominasi alam, maka wajar saja menurun. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pengelola objek wisata terutama seperti di Pindul, Kalisuci, dan Air Terjun Sri Gethuk untuk lebih berhati-hati," ujar dia.

BACA JUGA: Wisata Puncak Soko Gunung, Menikmati Keindahan Alam Wonogiri dari Ketinggian

Aris menyebut wisata berbasis sungai di Bumi Handayani kemungkinan akan menutup kunjungan jika kondisi tidak bisa dikendalikan. "Keselamatan wisatawan yang utama, jadi jika tidak memungkinkan maka lebih baik ditutup, kami tak ingin ada kejadian tak diinginkan misalnya kecelakaan seperti itu," ujarnya.

Dispar Gunungkidul, kata Aris, juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, terutama Satlinmas di pesisir selatan untuk menjaga keamanan wisata pantai. "Koordinasi sudah kami lakukan, kami imbau juga kepada wisatawan untuk berhati-hati dan mematuhi arahan petugas yang ada, untuk keamanan dan kenyamanan bersama," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement