Advertisement

Sebulan Dibuka Gratis, Uji Kir di Bantul Masih Juga Sepi Peminat

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 01 Februari 2024 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Sebulan Dibuka Gratis, Uji Kir di Bantul Masih Juga Sepi Peminat Ilustrasi pelayanan uji berkala kendaraan bermotor di Dishub Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Meskipun telah diberlakukan secara gratis, tetapi animo masyarakat untuk uji kir kendaraan bermotornya masih belum meninggi.

“Hasil jumlah itu masih wajar biasa tidak mengalami peningkatan signifikan. Memang kami mulai Januari 2024 pelayanan uji kendaraan di UPTD pengujian kendaraan bermotor di Dishub Bantul sudah tidak dipungut retribusi alias gratis,” kata Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bantul, Gatot Sunarto, Kamis (1/2/2024). 

Advertisement

Gatot menuturkan dalam sehari, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bantul memberikan kuota pengujian kir untuk 50 unit kendaraan reguler dan 20 unit kendaraan yang mengulang (remidi).

Meski begitu, menurutnya saat ini belum ada peningkatan signifikan. “Hanya sampai Januari [2024] belum ada yang memenuhi kuota yang kami tetapkan, paling 40-50 [per hari],” imbuhnya. 

Berdasarkan catatannya, selama Januari 2024 ada 996 unit kendaraan yang melakukan pengujian, dari jumlah tersebut ada 33 unit kendaraan yang tidak lulus. 

Kendaraan yang tidak lulus uji kir sebagian karena rem yang tidak sesuai standar atau salah satu lampu kendaraan tersebut tidak sesuai standar. 

“[Penyebab tidak lulus uji kir] Kebanyakan [karena] rem dan lampu, [pengemudi] tidak sadar ternyata lampu remnya ada yang mati, atau lampu sennya. Itu [kondisi kendaraan yang tidak sesuai] wajib untuk diperbaiki, sebelum diperbaiki kami tidak bisa memberikan tanda lulus,” ujar dia. 

Dia menyampaikan dalam proses uji kir, petugas akan memberikan rekomendasi bagi kendaraan yang tidak lulus. Pengemudi dapat menyesuaikan kendaraan tersebut sesuai standar pada hari yang sama dengan saat pengujian. Setelah kendaraan tersebut disesuaikan dengan rekomendasi tersebut, maka kendaraan tersebut dapat lulus kir. 

Gatot juga mengimbau agar masyarakat yang uji kirnya hampir habis dapat segera melakukan pengujian. Karena menurut Gatot, dari tahun ke tahun terjadi kepadatan antrean kendaraan yang akan uji kir menjelang Idulfitri. Padahal menurut Gatot, selama bulan puasa, biasanya akan dilakukan pengurangan kuota pelayanan uji kir menjadi 40 kendaraan reguler, dan 10 kendaraan yang mengulang.

“Sebelum puasa bagi kendaraan yang sudah mendekati jatuh tempo kita harapkan untuk uji [kir]. Jangan sampai menumpuknya di bulan puasa, kuota terbatas,” imbuhnya. 

BACA JUGA: Peminat Uji Kir Gratis di Bantul Masih Minim

Peningkatan selama bulan puasa menurutnya disebabkan karena ada beberapa kendaraan yang dipersiapkan sebagai kendaraan angkutan lebaran. Sehingga beberapa pengemudi akan melakukan pengujian saat itu.  

Sementara Supardiono, 53, warga Jetis, Sumuran, Palbapang mengaku selama ini tertib melakukan uji kir kendaraannya. “Bagus yang penting kita menjalankan biar enak. Saya tertib enam bulan sekali selalu kir di sini. Mobil pikap [kendaraan yang diuji kir] ini untuk ngarit ambil pakan ternak, enggak pernah keluar kota, cuma sekitar sini saja,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement