Advertisement

UAD Gelar Pelatihan Membuat Kukis Tepung Ubi di Desa Prima Dahlia Bumijo

Media Digital
Rabu, 07 Februari 2024 - 15:57 WIB
Arief Junianto
UAD Gelar Pelatihan Membuat Kukis Tepung Ubi di Desa Prima Dahlia Bumijo Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh UAD. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Desa Prima merupakan sebuah program yang bertujuan meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam suatu wilayah (tingkat desa/kalurahan) melalui peningkatan produktivitas ekonomi. Tujuannya adalah agar tercipta kehidupan yang lebih baik.

Kata ‘Prima’ sendiri merupakan sebuah singkatan dari Perempuan Indonesia Maju Mandiri, di mana menjadi akar semangat pemberdayaan untuk memajukan kesejahteraan perempuan. Desa Prima Dahlia RT 48 RW 11 Kelurahan Bumijo berusaha meningkatkan keberdayaan dan kemandirian perempuan untuk memajukan kesejahteraan perempuan dan keluarga.

Advertisement

Desa Prima Dahlia merupakan salah satu desa binaan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD.

Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan tentangndisersifikasi produk berbahan dasar tepung. Selama ini tepung yang digunakan berbahan dasar tepung terigu. Selain itu juga berkaitan dengan pengetahuan tentang pengetahuan yang dapat dikonsumsi dengan kompisis rendah gula yang sangat bermanfaat untuk orang-orang penderita Diabetes Militus (DM).

Pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan merupakan agendanya adalah pelatihan pembuatan cookies berbahan dasar ubi. Peserta pelatihan merupakan ibu-ibu Desa Prima Dahlia.

Pelatihan tersebut dilakukan guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu anggota Desa Prima Dahlia menambah jenis produk makanan yang sudah dimiliki dan memberikan manfaatan tambahan disersifikasi produk kukis, terutama menggunakan  bahan dasar tepung selain tepung terigu.

Ada dua aktivitas yang dilakukan adalah pemberian materi tentang bahan dasar pengganti tepung terigu yaitu tepung ubi (ubi ungu dan ubi kuning), dan pelatihan pembuatan kukis dengan berbagai macam topping. Peserta sangat antusias dengan adanya pelatihan pembuatan kukis ini.

BACA JUGA: UAD Gelar Pelatihan Skrining Gizi bagi Kader Pesantren Lansia

PkM ini dilakukan oleh tiga dosen, yaitu Utaminingsih Linarti dari Program Studi Teknik Industri, Ika Dyah Kumalasari dari Program Studi Teknologi Pangan dan Amalia Yuli Astuti dari Program Studi Teknik Industri.

PkM ini merupakan kolaborasi keilmuan antar Program Studi di Fakultas Teknologi Industri (FTI). Kegiatan pelatihan pembuatan kukis ini telah dilakukan pada 7 Januari 2024. Sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan digital marketing pada Desember 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement