Advertisement

Salut! Petugas TPS Bumijo Jetis Jogja Pakai Baju Adat Nusantara di Pemilu 2024

Yosef Leon
Rabu, 14 Februari 2024 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Salut! Petugas TPS Bumijo Jetis Jogja Pakai Baju Adat Nusantara di Pemilu 2024 Suasana TPS 04 yang berlokasi di SDN Vidya Qasana Jalan Tentara Pelajar No.23, Bumijo, Jetis, Kota Jogja yang mengusung pakaian adat Nusantara, Rabu (14/2/2024) Yosef Leon - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Beragam cara digunakan masyarakat untuk memeriahkan pesta demokrasi yang diperingati setiap lima tahun sekali. Pada 2024 Pemilu yang digelar Rabu (14/2/2024) disambut antusiasme oleh warga dengan ide unik dan kreatif di masing-masing TPS. 

Seperti di TPS 04 yang berlokasi di SDN Vidya Qasana Jalan Tentara Pelajar No.23, Bumijo, Jetis, Kota Jogja. Petugas KPPS di tempat itu memakai pakaian adat Nusantara saat melayani para pemilih yang menggunakan hak suaranya di Pemilu 2024. 

Advertisement

BACA JUGA: Ini Pesan Mahfud Md Usai Nyoblos di TPS 106 Sambilegi Lor

Ketua KPPS TPS 04 Sugito mengatakan, ide penggunaan pakaian adat itu muncul lantaran pihaknya ingin tampil beda di Pemilu kali ini. Menurutnya, Pemilu merupakan gelaran besar yang harus disambut meriah. Pihaknya sengaja memilih pakaian adat Nusantara untuk mengekspresikan bahwa Pemilu adalah persatuan dalam perbedaan. 

"Namanya pesta, kemudian kita beragam suku dan budaya makanya kita berekspresi untuk membuat kenangan bahwa kita mencintai seluruh budaya yang ada di Indonesia termasuk adatnya," kata Sugito. 

Sejak di meja registrasi warga sudah disambut dengan petugas yang memakai baju adat daerah. Ada yang memakai baju adat Maluku, Padang, Jogja, Jawa Tengah, Papua dan juga baju adat Batak. 

Menurut Sugito, ciri khas yang diusung pihaknya di TPS tersebut juga ingin memberitahukan pesan kepada masyarakat luas bahwasanya Pemilu hanya alat untuk memilih pemimpin lima tahun ke depan. Perbedaan pilihan yang ada jangan sampai memecah belah persatuan. 

"Pesan kita supaya lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini dengan berbagai macam suku, adat, bahasa dan lainnya sesuai dengan semboyan kita Bhineka Tunggal Ika. Walaupun beda pilihan tetapi kita tetap satu NKRI," pungkasnya. 

BACA JUGA: TPS UNIK, KPPS Ledok Pereng Maguwoharjo Gunakan Pakaian Tari Badui

Rini salah seorang pemilih pemula warga setempat mengaku terkesan dengan konsep unik yang diusung TPS 04 Bumijo, Jetis tersebut. Menurutnya hadirnya ide-ide unik di setiap TPS patut diapresiasi lantaran petugas KPPS ingin mewujudkan sesuatu yang beda di Pemilu 2024 ini. 

"Konsep yang unik ini juga bisa mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan datang ke TPS untuk mencoblos," kata Rini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Prabowo Jamin Saat Pemerintahannya Bantuan dan Subsidi Tepat Sasaran

News
| Minggu, 20 Oktober 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement