Advertisement

Empat Anggota KPPS di Gunungkidul Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Keadaannya Sekarang

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 15 Februari 2024 - 21:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Empat Anggota KPPS di Gunungkidul Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Keadaannya Sekarang Pemilu, pemungutan suara, kertas suara - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul mengaku ada empat anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dilarikan ke rumah sakit selama proses pemungutan dan penghitungan suara.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan ada tiga orang KPPS yang dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (14/2/2024) pukul 16.00 WIB.

Advertisement

“Tapi malamnya sudah dibawa pulang ke rumah. Mungkin kecapean saja. Tadi pagi juga ada satu KPPS dari Nglipar dilarikan ke rumah sakit,” kata Asih ditemui di kantornya, Kamis (15/2/2024).

Asih menambahkan dua dari tiga KPPS berasal dari Paliyan dan satu orang dari Semin. Sebenarnya ada satu orang lagi yang tercatat sebagai KPPS di Nglipar tetapi tidak menjalankan tugasnya. Sebabnya, orang tersebut jatuh sakit sebelum proses pemungutan suara.

“Dia tidak kerja [ketika pemungutan suara]. Dia masuk rumah sakit bukan karena bekerja di tempat pemungutan suara,” katanya.

Baca Juga

Aplikasi Sirekap Sempat Down, KPPS: Server Naik Turun saat Input Data

Petugas KPPS di Tangerang Meninggal, Diduga Kelelahan

Kelelahan, 2 Anggota KPPS di Situbondo Dilarikan ke Rumah Sakit

Lebih jauh, Asih menanggapi kelebihan dan kekurangan surat suara (susur) dengan jumlah signifikan. Kejadian tersebut, menurut dia dapat diatasi dengan mendatangkan susur dari TPS sekitar. “Sejauh yang saya dengar tidak ada pemilih yang tidak terlayani. Antrian juga berjalan seperti biasa,” ucapnya.

Menurut Asih, kelebihan dan kekurangan susur tersebut disebabkan tenaga bantuan yang direkrut kurang fokus atau human error. Dia menegaskan perlu penguatan pengawasan lebih yang melibatkan orang banyak

“Surat suara kan karetan. Per sepuluh. Ketika mau memasukkan ke dalam sampul, ini dihitung ulang karena takutnya. Sebenarnya secara teknis, hitungan di dalam karet ini sudah dihitung oleh dua orang. Terus kan masuk ke dalam sampul. Nah, tahap ini yang perlu double orangnya biar ada crosscheck. Kemarin hanya satu,” lanjutnya.

Kata dia, tenaga bantu tersebut berasal dari warga sekitar gudang logistik yang berada di tiga lokasi. Banyak dari tenaga bantu pernah mengikuti proses pengelolaan logistik di Pemilu 2019.

“Dari Pemilu ke Pemilu banyak juga yang sudah jadi tenaga sortir, lipat, setting, dan packing di sini,” ujarnya.

Disinggung mengenai tingkat partisipasi pemilih, Asih mengaku belum dapat memberikan komentar karena masih menunggu hasil rekapitulasi susur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korban Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Hujan Gunung Marapi Jadi 67 Orang

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement