Advertisement

Buaya Milik Warga Lepas dari Kandang, Begini Cara Heroik Petugas Damkarmat Mengevakuasi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 18 Februari 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Buaya Milik Warga Lepas dari Kandang, Begini Cara Heroik Petugas Damkarmat Mengevakuasi Caption : Damkarmat BPBD Bantul evakuasi buaya di Sonopakis Lor, Ngestiharjo, Kasihan, Minggu (18/2/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mengevakuasi seekor buaya sepanjang 2 meter di Jalan Wates, tepatnya di Sonopakis Lor, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan pada Minggu (18/2/2024) pukul 09.35 WIB.

Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto menyampaikan buaya tersebut milik Henny, warga setempat. Saat itu buaya tersebut lepas dari kandang kemudian berkeliaran di sekitar pemukiman warga. “Buayanya lepas dan nongkrong berjemur membuat takut warga yang melihat,” katanya, Minggu.

Advertisement

Kemudian Henny melaporkan kejadian tersebut ke Damkarmat BPBD Bantul untuk dievakuasi. “Buaya itu lepas di pekarangan rumah dan membuat takut warga,” katanya.

Kemudian empat personel Damkarmat BPBD Bantul datang mengevakuasi buaya tersebut. Proses evakuasi berhasil dilakukan menggunakan perlengkapan alat pelindung diri, sarung tangan dan tali. 

BACA JUGA: Geger, Buaya Berkeliaran di Perumahan di Bantul

Buaya yang tadinya berada di luar kemudian dihalau ke dalam ruangan atau ruko agar mudah ditangkap. Buaya sempat mengamuk hingga lepas kendali. Namun akhirnya berhasil dievakuasi. "Buaya kemudian diamankan ke Pos Damkarmat Sektor Kasihan, Kabupaten Bantul," katanya.

Dia menyampaikan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Irawan menyebut, rencananya buaya tersebut akan diambil oleh pemilik untuk dipindahkan ke lokasi yang lebih aman. “Itu buaya yang dipelihara sejak kecil, jadi bisa dibilang jinak. Tapi walaupun jinak ya tetep buaya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement