Advertisement

Rekap Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kulonprogo Harus Bongkar Kotak Suara, Ini Penyebabnya

Triyo Handoko
Minggu, 18 Februari 2024 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Rekap Penghitungan Suara Pemilu 2024 di Kulonprogo Harus Bongkar Kotak Suara, Ini Penyebabnya Suasana rekapitulasi suara di Kapanewon Lendah yang dilangsungkan di pendopo kapanewon berlangsung lancar pada Minggu (18/2 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rekapitulasi suara di tingkat kapanewon di wilayah Kulonprogo diwarnai pembongkaran kotak suara. Sebabnya terdapat pergeseran jumlah suara sehingga perlu dipastikan dengan menghitung ulang suara yang ada.

Pembongkaran kotak suara terjadi setidaknya di Kapanewon Sentolo, Nanggulan, Pengasih dan Panjatan. Perhitungan ulang surat suara di Kapanewon Sentolo disebabkan adanya pergeseran jumlah suara pada kategori sah dan tidak sah.

Sementara perhitungan ulang suara di Kapanewon Nanggulan karena ada pergeseran jumlah suara DPRD Kulonprogo. Lalu di Kapanewon Pengasih dan Panjatan terdapat pergeseran suara DPR RI yang mesti dilakukan perhitungan ulang.

BACA JUGA: Hasil Real Count KPU, Berikut 15 Nama Politisi dengan Raihan Suara Terbanyak Sementara Caleg DPR RI dari Dapil DIY

Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana menjelaskan perhitungan ulang saat rekapitulasi di tingkat kapanewon adalah hal yang lumrah. "Jika memang mesti dihitung ulang dengan membuka kota suara maka harus dilakukan untuk memastikan yang ada jangan sampai ada yang geser atau tidak sesuai," ujarnya, Minggu (18/2/2024).

Budi menjelaskan perhitungan suara ulang dilakukan jika setelah melakukan pencocokan jumlah suara melalui dokumen-dokumen yang ada tidak terselesaikan. "Kalau sudah memastikan lewat dokumen yang ada seperti formulir kejadian khusus, C1, dokumen keterangan plano tidak ketemu maka tak masalah membongkar kotak suara memang mestinya seperti itu," ungkapnya.

Selain pembongkaran kotak suara, jelas Budi, masalah lain dalam rekapitulasi tingkat kapanewon adalah Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) yang sempat tak bisa diakses. "Sirekap eror karena sedang dalam perbaikan sistem, rekap sempat diskors, setelah lancar diteruskan lagi," terangnya.

Pemantauan dan pengawasan selama rekapitulasi tingkat kapanewon juga turut dilakukan Bawaslu Kulonprogo. "Pembukaan kotak suara ulang hal yang lumrah, biasa-biasa saja, malah bagus jika dirampungkan ditingkat kapanewon," jelas Ketua Bawaslu Kulonprogo, Marwanto.

Advertisement

BACA JUGA: Terbaru! Hasil Real Count Pilpres 2024, Anies-Imin, Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, Minggu 18 Februari 2024

Marwanto menjelaskan rekapitulasi suara pada tingkat kapanewon memang mesti benar-benar pasti dan jelas. "Agar nanti kalau dibawa ke tingkat lebih atas yaitu kabupaten agar lebih mudah," tuturnya.

Dalam proses pemantauannya, lanjut Marwanto, diperdiksi beberapa kapanewon agak segera rampung rekapitulasi suaranya. "Seperti di Girimulyo itu kemungkinan malam ini, Temon juga, kalau besok kemungkinan Galur, akan terus kami pantau dan awasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement