Advertisement

Real Count KPU Sementara untuk DPRD Jogja: PDIP Memimpin, Disusul Gerindra dan PKS

Lugas Subarkah
Senin, 19 Februari 2024 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
Real Count KPU Sementara untuk DPRD Jogja: PDIP Memimpin, Disusul Gerindra dan PKS Ilustrasi pemilu. PDIP memimpin perolehan suara di Kota Jogja, disusul Gerindra dan PKS. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perolehan suara sementara DPRD Kota Jogja dalam Pemilu 2024, Senin (19/2/2024), dipimpin PDIP dengan 20.349 suara. Gerindra menyusul di posisi kedua dengan perolehan sementara 11.500 suara.

Data ini diambil dari website pemilu 2024.kpu.go.id, yang hingga saat ini sudah masuk perhitungan sebesar 60,86%. Di posisi ketiga ada PKS dengan perolehan 9.683 suara, keempat Golkar dengan 7.754 suara, dan kelima Nasdem dengan 6.441 suara.

Advertisement

Ketua DPC Gerindra Kota Jogja, Sinarbiyat, menjelaskan tahapan penghitungan suara masih berjalan di tingkat PPK kecamatan. “Kami masih menunggu hasil finalisasi hasil perhitungan di tingkat kecamatan. Tapi kami juga pegang C 1 TPS dan sangat optimisris bahwa Gerindra akan meningkat jumlah suara dan kursi untuk 2024 ini,” katanya.

BACA JUGA: Perolehan Sementara Suara Parpol di DIY, PAN Terlempar Keluar 5 Besar

Pada periode sebelumnya, Gerindra mendapat lima kursi di DPRD Kota Jogja. Pada pemilu kali ini, Gerindra menargetkan peningkatan dengan mengincar enam kursi. “Target kami realistis enam kursi,” ungkapnya.

Faktor yang bisa memengaruhi suara para pemilih ke Gerindra salah satunya adalah Pilpres 2024. Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memimpin cukup jauh dibandingkan dua pasangan lainnya.

“Tapi kami juga menyadari perolehan suara calon presiden tidak liniar dengan perolehan legilatif. Tapi peningkatan itu ada, pengaruh dari capres ke partai Gerindra,” katanya.

BACA JUGA: Investigasi Kecurangan Paslon 02, Dua Advokat Senior Pimpin Tim Hukum Ganjar-Mahfud

Di samping itu ia juga mengakui kecenderungan di Kota Jogja Gerindra berada di posisi kedua di bawah PDIP. “Kami mencermati di perhitungan tingkat PPK yang masih berlangsung, kecenderungannya kami berada di posisi kedua di bawah PDIP,” ungkapnya.

Ketua DPC PDIP Kota Jogja, Eko Suwanto, belum memberikan komentar terkait perolehan sementara ini karena proses perhitungan masih berlangsung. “Besok sambil menunggu hasil rekap di PPK dan KPU,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement