Advertisement

Penanaman Pohon Perluas Kawasan Hijau dan Lestarikan Wilayah Resapan Air

Catur Dwi Janati
Rabu, 21 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Penanaman Pohon Perluas Kawasan Hijau dan Lestarikan Wilayah Resapan Air Lurah Umbulharjo, Danang Sulistya Haryana ikut berpartisipasi dalam penanaman pohon yang diadakan Harian Jogja dalam peringatan Hari Pers Nasional pada Selasa (20/2/2024). - Istimewa // Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Langkah pelestarian alam melalui aksi penanaman pohon terus mendapat respons positif dari masyarakat. Penanaman pohon dinilai tak hanya membantu menambah kawasan hijau di Jogja namun juga turut membantu melestarikan sumber resapan air yang ada.

Memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Harian Jogja bersama Djarum Foundation Astra Motor Yogyakarta, PT Jasamarga Jogja Solo, Wardah, Hotel Innside By Melia Yogyakarta, Lawson, Tri, Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan DIY, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Serayu Opak Progo dan Dynamix melakukan penanaman ratusan pohon di wilayah DIY. Sebanyak 350 pohon dengan beragam jenis tersebut ditanam untuk mendukung upaya pelestarian alam. Seratus pohon di antaranya ditanam di Bumi Perkemahan Kleresede, Umbulharjo, Cangkringan.

Advertisement

Lurah Umbulharjo, Danang Sulistya Haryana berpandangan kegiatan penanaman pohon sangat bermanfaat bagi desa. Tak hanya bermanfaat bagi upaya penghijauan di wilayah Umbulharjo, penanaman pohon ini lanjut Danang juga menjaga kelestarian resapan air yang ada di desa.

"Karena di daerah Umbulharjo ini adalah daerah resapan air. Daerah resapan air dari Umbulharjo ini sampai ke Kota. Bahkan kita punya yang namanya Umbul Wadon," kata Danang pada Selasa (20/2/2024) di Bumi Perkemahan, Kleresede, Umbulharjo, Cangkringan.

Baca Juga

Peringati HPN, Harian Jogja Salurkan Tali Asih untuk Insan Pers

Hari Pers Nasional 2024, Astra Motor Jogja Gratiskan Servis dan Ganti Oli kepada Puluhan Wartawan

Harian Jogja Gelar Talkshow Sinergi Pers Dukung Jogja Lestari dan Tanam Pohon, Ini Tujuannya

Air dari Umbul Wadon disebut Danang mengalir sampai Kota Jogjakarta. Bila keberadaan sumber air itu tidak dijaga, dikhawatirkan lambat laun ketersediaan air akan makin surut. "Kalau kita tidak manfaatkan, tidak kita kelola hutan kita, yang kita takutkan air itu semakin hari semakin menipis," ujarnya.

Apalagi jumlah pohon yang terus berkurang dari waktu ke waktu. Karenanya, aktivitas penanaman pohon semacam ini akan sangat membantu eksistensi resapan air. Dilihat dari jenisnya, tanaman yang ditanam oleh Harian Jogja menurut Danang memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga resapan air. Berbeda pohon-pohon yang biasa ditanam pada masa lalu, yang kebanyakan tanaman produksi untuk dimanfaatkan kayunya, seperti sengon dan sebagainya.

"Yang ditanam oleh Harjo dan teman-teman ini adalah banyak yang untuk tanaman resapan air. Ada gayam, tabebuya, munggur segala macam ini adalah [tanaman] untuk resapan air yang luar biasa," tegasnya.

Dari sudut pandang desa, kegiatan penanaman pohon semacam ini mengusung banyak manfaat bagi desa. "Kalau dari sisi desa ini sangat sangat bermanfaat tentunya, kaitannya dengan penanaman pohon yang sampai saat ini diadakan. Kami dari Pemerintah Kalurahan Umbulharjo mengucapkan terima kasih dari Harjo dan dari semua pihak yang mengadakan tanaman penghijauan di wilayah kami," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement