Advertisement

Senam Massal Meriahkan HPN dan HUT Ke-2 Diorama Arsip Jogja

Media Digital
Jum'at, 23 Februari 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Senam Massal Meriahkan HPN dan HUT Ke-2 Diorama Arsip Jogja Suasana senam massal yang digelar di Halaman Kantor DPAD DIY untuk memperingati Hari Pers Nasional 2024 dan HUT ke-2 Diorama Arsip Jogja, Jumat (23/2/2024). Harian Jogja - Lajeng Padmaratri

Advertisement

JOGJA—Insan pers di Indonesia baru saja memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, tepatnya pada 9 Februari. Momentum ini dirayakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun ke-2 Diorama Arsip Jogja yang diperingati 24 Februari 2024. Untuk memeriahkan kedua momentum itu, Harian Jogja menggelar senam massal yang diikuti puluhan peserta. Di akhir acara dilakukan penanaman pohon di lingkungan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY.

Acara ini tak hanya memperingati kebebasan pers, tetapi juga merayakan pertumbuhan dan perjalanan Diorama Arsip Jogja dalam menyimpan warisan budaya. Kegiatan ini didukung sejumlah sponsor mulai dari Astra Motor Yogyakarta yang menghadirkan test drive, Bank BPD DIY yang membuka layanan pembukaan rekening bonus saldo belanja, pemeriksaan kesehatan oleh Nutrihub Jogja, serta pemberian sunscreen kepada instruktur senam dari Wardah.

Advertisement

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI DIY, Esti Susilarti menuturkan pers punya fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Di usia yang kedua, Esti mendorong Diorama Arsip Jogja untuk saling bersinergi dengan pers. "Media massa kerjanya mencari berita, membuat liputan, menyiarkan kepada publik. Aspek penyiaran pada publik ini menjadi sumber informasi bagi masyarakat luas," ujarnya.

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan, Aris Eko Nugroho mengatakan Diorama Arsip Jogja merupakan inovasi DPAD DIY yang difasilitasi oleh dana keistimewaan. Aris menyebut Diorama Arsip Jogja patut menjadi destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan.

Di dalamnya, wisatawan bisa mendalami sejarah Yogyakarta, mulai dari masa Panembahan Senopati hingga terciptanya status Keistimewaan DIY. Melalui Diorama Arsip Jogja, Aris berharap sejarah dan asal-usul DIY tak hanya sekadar menjadi cerita, namun bisa diceritakan pada generasi

muda dengan kemasan yang kekinian. "Harapannya sejarah Yogyakarta bukan sekadar masa lalu, tetapi punya arti penting dan bisa diceritakan pada generasi muda," ujarnya.

Berbagai kegiatan ini merupakan wujud kolaborasi Harian Jogja dengan berbagai pihak. Salah satunya Honda. Manajer Honda Customer Care Center Astra Motor Yogyakarta, Putu L. Januara menuturkan pers menjadi partner penting untuk keberlanjutan Honda ke depan. Menurutnya, pers punya posisi netral, sehingga publikasi media dapat memberikan gambaran kepada masyarakat terhadap produk-produk Honda.

"Informasi tentang hak konsumen juga bisa tersampaikan dengan luas, sehingga kami sebagai pelaku bisnis bisa dengan nyaman memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Deputi Branch Manager Lawson, Beni menyebut media punya peranan penting dalam berkembangnya Lawson di Indonesia. Apalagi, kini Lawson tengah mengembangkan usaha di Jawa Tengah dan DIY. "Peranan pers sangat membantu kami dalam peningkatan brand awareness atau sebagai informasi produk kami di wilayah DIY dan Jawa Tengah," ungkapnya.

Sementara, Kepala Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Kehutanan (BBPSIK), Dwi Prabowo berharap pers bisa terus independen dalam menyebarluaskan kegiatan positif sehingga bisa memberi inspirasi kepada masyarakat yang lebih luas. "Sangat tepat ketika HPN melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Ketika ada upaya positif disebarluaskan oleh pers, harapannya semangat yang sama bisa turut ditularkan," katanya.

Seluruh rangkaian acara HPN 2024 dan HUT ke-2 Diorama Arsip Jogja didukung oleh PT Jasamarga Jogja Solo, Telkomsel, Dynamix, Leka, Bakpia 25, hingga Air Minum Cheers. Selain itu, ada Tri, Hotel Grand Rohan, Kenandy Ethnic and Classic, RnB Grill, Superindo, Hotel Innside By Melia Yogyakarta, Hotel LPP Garden, dan Hotel The 101 Tugu Yogyakarta. Ada juga dukungan dari Waroeng Steak, Roti Kopi (Ropi), Produsen tas SPNB, Hotel Greenhost, Tropicana Slim, dan Nutrihub Jogja, Homestay Upala, PWI, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, DLH Kabupaten Sleman, DLHK DIY, serta Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement