Advertisement

Waspada Risiko Hanyut di Sungai, BPBD Sleman: Jangan Terulang Lagi 10 Siswa Hanyut

David Kurniawan
Jum'at, 23 Februari 2024 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Waspada Risiko Hanyut di Sungai, BPBD Sleman: Jangan Terulang Lagi 10 Siswa Hanyut Tenggelam - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat susur sungai dan berkegiatan di alam terbuka. Jangan sampai peristiwa hanyutnya 10 siswa SMP saat susur sungai di Kapanewon Turi yang terjadi empat tahun yang lalu terulang kembali.

Anggota BPBD Sleman, Tri Tukijo mengatakan, peristiwa yang terjadi pada 21 Februari 2020 menjadi salah salah musibah kelam di Sleman, setelah erupsi Merapi. Hal ini terlihat dari jumlah korban mencapai 10 anak-anak meninggal karena terseret banjir saat kegiatan susur sungai.

Advertisement

“Sudah empat tahun yang lalu. Total ada sekitar 250 anak SMP melakukan penyusuran sungai dalam kegiatan pramuka yang diadakan sekolah,” kenang Tri saat dihubungi wartawan, Jumat (23/2/2024).

BACA JUGA: Jadi Timses dengan Memalsukan Identitas, Guru PPPK Ini Divonis 4 Bulan Penjara

Saat itu, ia mengakui baru saja mengganti ban armada truk ke bengkel. Lalu pulang ke kantor BPBD, tiba-tiba sekitar pukul 16.00 WIB, mendapatkan panggilan dari frekuensi radio Tim Reaksi Cepat (TRC) yang mengabarkan situasi genting dan meminta bantuan untuk naik ke atas, tepatnya ke Kalurahan Donokarto, Turi. “Informasi yang kami terima ada ratusan anak sekolah hanyut saat penyusuran sungai,” katanya.

Tri pun mengaku langsung bergegas ke lokas untuk membantu evakuasi serta membantu proses pencarian anak yang hanyut. “Langsung berangkat dan setibanya di lokasi, truk yang saya bawa bisa mengangkut 50 anak sekali jalan,” katanya.

Meski sudah berusaha memberikan bantuan evakuasi, namun adanya korban jiwa tidak bisa dihindarkan. Tercatat ada sepuluh anak yang dinyatakan meninggal dunia karena terseret arus banjir di Sungai Sempor.

BACA JUGA: Jadi Timses dengan Memalsukan Identitas, Guru PPPK Ini Divonis 4 Bulan Penjara

“Pencarian sampai beberapa hari dan setelah korban terakhir ditemukan, maka operasi ditutup dan anggota yang membatu pencarian dikembalikan ke satuan masing-masing,” katanya

Pascakejadian, peristiwa susur Sungai Sempor sudah menjadi Pelajaran bersama. Ia mengakui pada saat ada kegiatan di alam terbuka sering mendapatkan laporan sehingga bisa membantu pemantauan kondisi cuaca sebagai langkah antisipasi.

“Koordinasi ini penting untuk upaya keselamatan karena kami bisa memberitahukan berkaitan dengan kondisi terkini,” katanya.

Ia juga berharap kepada Masyarakat untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas di sungai manapun. Pasalnya, di saat sekarang intesitas hujan masih tinggi sehingga berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir. “Harus waspada dan berhati-hati akan bahaya banjir,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan mengatakan, sudah menetapkan siaga darurat bencana hidrometeorologi yang berlaku sejak 1 Desember 2023. Rencannya, status ini berlaku hingga 29 Februari 2024. “Berlangsung selama tiga bulan dan bisa diperpanjang sesuai dengan kondisi terkini di lapangan,” katanya.

Menurut dia, status siaga darurat bencana ditetapkan sebagai antisipasi untuk menghadapi potensi bencana sehingga dampaknya dapat ditekan sekecil mungkin. Makwan memastikan seluruh personel yang dimiliki bersama dengan para sukarelawan terus siaga dan siap diterjunkan pada saat terjadi peristiwa.

“Semua kami siagakan untuk menghadapi ancaman dari bencana hidrometeorologi, baik untuk basah maupun kering. Kami minta warga juga berpartisipasi dalam kesiapsiagaan ini sehingga saat terjadi musibah, dampaknya bisa ditekan sekecil mungkin,” kata Makwan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement