Advertisement

Sambut Ramadan, Warga Kampung Ratmakan Gelar Kirab Ngapem Ruwahan

Alfi Annisa Karin
Minggu, 25 Februari 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Sambut Ramadan, Warga Kampung Ratmakan Gelar Kirab Ngapem Ruwahan Kirab Ngapem Ruwahan digelar oleh warga Kampung Ratmakan untuk menyambut Ramadan, Minggu (25/2). - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat Kota Jogja menggelar sejumlah kegiatan rutin untuk menyambut hadirnya bulan suci Ramadan. Salah satunya adalah Kirab Ngapem Ruwahan yang digelar oleh warga Kampung Ratmakan, Kelurahan Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Jogja, Minggu (25/2/2024).

Dalam acara itu, ada tiga gunungan yang dikirab. Dua gunungan berisi apam, ketan, dan kolak. Sementara satu gunungan berisi sayuran hasil bumi.

Advertisement

Ketua Panitia Kirab Ngapem Ruwahan Kampung Ratmakan Ahmad Munandirin menuturkan tiga gunungan ini merupakan simbol rasa syukur dan saling memaafkan antara sesama manusia. Sekaligus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Selain itu juga agar mewujudkan Kampung Ratmakan yang selalu kompak, damai, dan rukun. Semoga kita bisa melaksanakan bulan Ramadan yang penuh berkah dan penuh pahala," ujarnya, Minggu.

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Warga Gelar Tradisi Ruwahan dengan Membersihkan Makam

Dia berharap gelaran ni dapat dilakukan berkelanjutan sebagai agenda budaya dan menjadi wadah kerukunan antar warga. Ahmad menambahkan, selain untuk menyambut Ramadan kirab menjadi salah satu cara untuk melestarikan adat tradisi masyarakat Jawa agar tidak punah. "Acara ini juga kami jadikan atraksi untuk menarik perhatian wisatawan,” katanya.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengapresiasi gelaran Kirab Ngapem ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan wujud harmonisasi unsur religi, seni, dan budaya di masyarakat Kampung Ratmakan. Dia meminta tradisi ruwahan hendaknya tetap diteruskan, mengingat ada nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kegiatan ruwahan. "Kita hidup dalam ruang bersama, yang di dalamnya kultur bersama juga diciptakan. Semangat kebersamaan dan prinsip kewargaan ini menjadi pesan yang akan terus digaungkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement