Advertisement

Sambut Ramadan, Warga Gelar Tradisi Ruwahan dengan Membersihkan Makam

Ujang Hasanudin
Minggu, 18 Februari 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Sambut Ramadan, Warga Gelar Tradisi Ruwahan dengan Membersihkan Makam Warga berdoa di Makam Tegal Mulyo, Tegal Krapyak, Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bagi warga masyarakat Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, bersih makam dan doa para leluhur merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada bulan Ruwah dalam kalender Jawa atau Syaban dalam bulan Hijriah. Tradisi ini juga dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramdan atau puasa. 

Karena kegiatan bersih-bersih makam dan doa adalah tradisi masyarakat Dusun Sedan untuk menghormati, memuliakan dan mendoakan para leluhur serta keluarga mereka yang sudah wafat. Selain itu kegiatan tersebut sekaligus bisa menjadi sarana dalam menjaga kerukunan dan silaturahmi antar warga Dusun Sedan sehingga patut dilestarikan.

Advertisement

Seperti nampak pada hari Minggu, 18 Februari 2024 pagi, puluhan warga Dusun Sedan baik bapak- bapak maupun ibu - ibu termasuk pemuda serta anak-anak berduyun-duyun membersihkan makam Tegal Mulyo, Tegal Krapyak, Dusun Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Dukuh Sedan Miyarno mengatakan, kegiatan bersih makam dan doa para leluhur ini sebagai kegiatan yang biasa dilakukan warga Dusun Sedan setiap tahunnya.

"Kegiatan ini untuk menyambut bulan Ruwah atau bulan Syaban sekaligus menyambut bulan puasa yang akan tiba kurang sebulan lagi," kata Miyarno.

BACA JUGA: Indahnya Bersama-sama Merajut Perbedaan lewat Tradisi Ruwahan

Miyarno melanjutkan kegiatan bersih makam dan doa ini diikuti warga dari RT 01 hingga RT 01. Kegiatan dimulai pukul 6 pagi hingga selesai sekitar pukul 07.30 WIB. Doa ini dipimpin oleh Basori selaku rais Dusun Sedan.

Sementara salah satu warga Sedan, Ponidi bersama kedua anaknya dan mertuanya ikut bersih makam dan mendoakan istrinya yang telah wafat sekitar akhir bulan Desember 2023 lalu.

"Saya datang bersama keluarga termasuk ibu mertua untuk mendoakan almarhumah istri saya," ucap Ponidi 

Ponidi berharap kegiatan bersih makam dan doa bersama untuk para leluhur serta keluarga yang telah meningga dunia tetap dilestarikan bagi generasi selanjutnya nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bareskrim Gerebek Pabrik Sabu di Vila Bali, 3 WNA Ditangkap

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement