Advertisement

Reformasi Kalurahan di Kulonprogo Terus Diupayakan, Targetnya Tingkatkan Kesejahteraan

Triyo Handoko
Minggu, 25 Februari 2024 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
Reformasi Kalurahan di Kulonprogo Terus Diupayakan, Targetnya Tingkatkan Kesejahteraan Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti (kanan) saat rapat koordinasi tim pelaksana Reformasi Kalurahan. Dok Humas Pemkab Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Reformasi Kalurahan akan terus diupayakan Pemkab Kulonprogo, terbaru diselengarakan koordinasi tim pelaksana program tersebut. Dimulai pada 2023 lalu, program Reformasi Kalurahan akan terus dilanjutkan pada 2024 ini.

Sasaran utama program ini adalah terciptanya tata kelola pemerintahan kalurahan yang efektif, kolaboratif, dan berorientasi kinerja, serta terciptanya pamong kalurahan yang profesional. Guna mencapai sasaran itu, terdapat dua kegiatan yang akan dilakukan untuk mewujudkannya.

Advertisement

Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti menjabarkan dua kegiatan tersebut adalah penguatan pengelolaan keuangan dan penguatan pengawasan. "Dengan dilakukannya reformasi kepada para perangkatnya, maka juga harus dilakukan reformasi terhadap pemberdayaan masyarakatnya, supaya program dan kegiatannya betul-betul memberikan dampak yang baik bagi pelayanan publik, baik pembangunan fisik maupun non fisik," terangnya, Sabtu (24/2/2024).

BACA JUGA: Pemda DIY Keluarkan Pergub Reformasi Kalurahan, Fokus Garap Akuntabilitas dan Kesejahteraan

Ni Made menjelaskan tujuan akhir dari program Reformasi Kalurahan adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat. "Kondisi tersebut harus di reformasi dan ketika sudah ada tata kelola yang baik, maka bisa meningkatkan hidup dan penghidupan masyarakat," tegasnya.

Program tersebut dikoordinatori Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kulonprogo. "Reformasi Kalurahan yang sudah dilaksanakan pada tahun ini dengan dua fokus utama yaitu sektor reformasi birokrasi dan pemberdayaan masyarakat," kata Analis Kebijakan Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa, DPMKPPKB Kulonprogo, Risdiyanta.

Risdayanta menyebut dasar utama program ini adalah ergub No.40/2023 tentang Reformasi Kalurahan. "Sudah ada tim pelasksananya yang mencakup beberapa organisasi perangkat daerah, rapat koordinasi sudah dilakukan bersama agar makin matang menjalankan programnya untuk 2024 ini," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement