Advertisement

Persaingan Ketat DPRD di Kulonprogo Pemilu 2024, PDIP Tambah Jatah Kursi

Triyo Handoko
Kamis, 29 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Persaingan Ketat DPRD di Kulonprogo Pemilu 2024, PDIP Tambah Jatah Kursi Foto ilustrasi. Petugas KPPS menunjukan surat suara pemilihan calon presiden dan wakil presiden yang sudah tercoblos saat penghitungan suara pilpres pada Pemilu 2024 di TPS 03 Braga, Sumurbandung di Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). - Antara - M Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hasil Pemilu 2024 untuk DPRD Kulonprogo dan DPRD DIY di Bumi Binangun dimenangkan PDIP. Rekap suara tingkat kabupaten menunjukan PDIP mendapat 13 kursi DPRD Kulonprogo dan tiga kursi ke DPRD DIY.

Meskipun menang, PDIP Kulonprogo menilai persaingan menuju kursi dewan pada 2024 ini jadi yang paling ketat. "Pengalaman saya selama ini, Pemilu 2024 ini persaingannya paling ketat," terang Bendahara DPC PDIP Kulonprogo, Akhid Nuryati pada Kamis (29/2/2024).

Advertisement

Akhid menjelaskan persaingan ketat tak hanya terjadi antar partai, tetapi juga antarkandidat dalam internal partai. "Seperti di kami ini ada dua petahana yang tidak lolos untuk DPRD Kulonprogo, digantikan calon lain yang baru," ungkapnya.

Persaingan ketat kontestasi Pemilu 2024, jelas Akhid, ditunjukan dengan beragamnya pemilih yang ada. "Sekarang makin beragam sehingga strategi juga harus makin beragam untuk mendapat suara," terangnya.

Baca Juga

Dari 6 Jadi 3 Kursi DPRD Kulonprogo, Suara PAN Tergerus Perubahan Pola Pemilih yang Transaksional

DPRD Kulonprogo Pertanyakan Urgensi Penyertaan Modal Rp88 Miliar ke PDAM Tirta Binangun

DPRD Kulonprogo Rayakan HUT ke-71 dengan Anjangsana dan Ziarah

Ketua DPRD Kulonprogo 2019-2024 ini menerangkan saking ketatnya persaingan terdapat partai yang kehilangan kursi, sedangkan partai yang sebelumnya tak punya kursi jadi memiliki kursi. "Seperti PAN kehilangan tiga kursi, lalu ada PPP yang sekarang jadi punya dua kursi," jelasnya.

Akhid yang terpilih jadi DPRD DIY pada Pemilu 2024 ini berharap para legislator yang terpilih dapat amanah dan menjaga kredibilitas dan akuntabilitas DPRD Kulonprogo. "Seperti dari pemeriksaan BPK itu kami selama ini tak ada catatan, laporan LHKP juga seratus persen, prestasi-prestasi dan capaian yang ada ini semoga dapat diteruskan," katanya.

Kontestasi Pemilu 2024 yang ketat juga dirasakan DPD PKS Kulonprogo dimana hasil perolehan kursi partai ini dapat mempertahankan perolehan Pemilu 2019. "Sekarang dapat lima kursi, sebelumnya pada 2019 juga lima kursi," kata Ketua DPD PKS Kulonprogo, Suharmanta.

Suharmanta mengakui persaingan antarkandidat internal partai juga cukup ketat. "Satu petahana kami tak lolos digantikan suaranya dengan calon baru lain," ucapnya.

Perolehan kursi DPRD DIY dari Bumi Binangun yang dimiliki PKS juga tetap bertahan di satu kursi saja. "Hasil ini kan jadi bahan evaluasi kami, dan bagi yang lolos kami harap dapat terus mengawal pembangunan di Kulonprogo agar makin unggul," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement