Advertisement

Dispar Bantul Optimalkan Konsep Kolaborasi untuk Dongkrak Kunjungan Wisata

Jumali
Sabtu, 02 Maret 2024 - 12:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Dispar Bantul Optimalkan Konsep Kolaborasi untuk Dongkrak Kunjungan Wisata Wisatawan membajak sawah di Desa Wisata Candran, Bantul - Ist/Dinas Pariwisata Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Konsep kolaborasi akan diteruskan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul untuk mendongkrak kunjungan wisata di Bumi Projotamansari. Diharapkan dnegan kolaborasi yang ada, tingkat kunjungan wisatawan akan bisa dioptimalkan.

"Beberapa event yang ada, seperti Keroncong Pesisiran, akan kami perbaiki. Dalam hal kolaborasi dengan sekolah maupun sanggar seni. Agar ini nantinya mampu menaikkan jumlah kunjungan pariwisata," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo, beberapa hari yang lalu.

Advertisement

BACA JUGA: Demi Swasembada Pangan Kuota Pupuk Bersubsidi Bakal Ditambah

Dengan adanya kolaborasi dengan sekolah dan sanggar, kata Kwintarto diharapkan menjadi warna bagi penyelenggaraan festival Keroncong Pesisiran. Adapun Keroncong Pesisiran tahun lalu sengaja digelar di Pantai Samas, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden.

Agenda tahunan tersebut membawa misi besar untuk mengembalikan kejayaan Pantai Samas. Menurutnya, secara faktual, Pantai Samas merupakan destinasi wisata terkenal di Bantul, jauh sebelum wisatawan mengenal Pantai Parangtritis.Dia berharap Samas kembali menjadi “Samudera Emas” yang bisa menghidupi warga setempat

Oleh karena itu adanya kolaborasi, Kwintarto berharap, wisatawan yang berkunjung tidak hanya melihat pertunjukan keroncong pesisiran, tapi bisa menikmati pertunjukan dari sanggar seni dan siswa yang ikut kegiatan tersebut.

"Tahun ini kami juga masih upayakan untuk memecehkan rekor Muri. Jika tahun lalu ada rekor muri Tari Montro dengan jumlah penari sebanyak 10.000 orang, maka tahun ini kami ingin pecahkan rekor Muri untuk festival kuliner," imbuh Kwintarto.

Oleh karena itu, Dispar akan mengoptimalkan kolaborasi dengan sejumlah pihak agar kegiatan yang dilakukan mampu mendongkrak kunjungan wisata di Bantul. "Tentunya kami akan meneruskan hal ini baik dengan sekolah maupun kelompok masyarakat lain,” ucapnya.

BACA JUGA: Kematian Akibat Penyakit Kanker Tinggi, Ternyata Karena Masalah Ini

Sementara Plt Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Endri Astuti mengungkapkan saat ini pihaknya terus berupaya mendongkrak kunjungan wisata di Bantul. Salah satunya menggelar promosi wisata jelajah Bantul Milangkori. Di mana, pada kegiatan tersebut, sejumlah Kalurahan Rintisan Budaya, Destinasi Pariwisata serta Desa Wisata di Bantul menjadi sasaran dari kegiatan tersebut.

Di mana, para peserta jelajah Bantul Milangkori diajak mengunjungi sejumlah Kalurahan Rintisan Budaya, Destinasi Pariwisata serta Desa Wisata di Bantul. "Harapannya tidak hanya meningkatkan kunjungan wisata, tapi juga mempromosikan Kalurahan Rintisan Budaya, Desa Wisata maupun Destinasi Pariwisata di Bantul. Tentunya agar perekonomian masyarakat sekitar juga terdongkrak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement