Advertisement

Gunungan Oleh-Oleh Setinggi 11 Meter di Malioboro Pecahkan Rekor Muri

Yosef Leon
Selasa, 05 Maret 2024 - 14:57 WIB
Maya Herawati
Gunungan Oleh-Oleh Setinggi 11 Meter di Malioboro Pecahkan Rekor Muri Gunungan oleh-oleh setinggi 11 meter yang memecahkan rekor Muri oleh pedagang Teras Malioboro 1, Selasa (5/3/2024). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gunungan oleh-oleh setinggi 11 meter yang berasal dari produk UMKM pedagang Teras Malioboro 1 berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Agenda ini merupakan perayaan ulang tahun berdirinya Teras Malioboro 2 yang kedua tahun, Selasa (5/3/2024).

Gunungan yang dipamerkan di depan Teras Malioboro 1 itu terdiri dari aneka produk mulai dari fesyen, kuliner, dan kerajinan tangan. Selain gunungan jumbo itu juga ada empat gunungan kecil yang dibagikan kepada masyarakat luas yang antusias menunggu di sekitar lokasi.

Advertisement

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan, gunungan oleh-oleh yang memecahkan rekor Muri itu merupakan hasil kolaborasi antara para pedagang dengan pemangku kepentingan dari kabupaten kota. Dalam acara bertajuk Festival Teras Malioboro itu pihaknya juga memberikan bakti sosial kepada masyarakat.

"Dalam acara ini selain kita refleksi karena sudah dua tahun pastinya juga kita melihat apa yang jadi progres dari sisi usaha baik kemampuan SDM, lembaga, produktivitas dan apa yang dilakukan oleh pemda untuk pendampingan ke mereka," katanya.

Menurut Siwi naik kelasnya pedagang Teras Malioboro dibuktikan dari sisi pemasaran. Oleh karena itu pedagang tidak bisa sendiri dalam mempromosikan produknya, harus ada keterlibatan banyak pihak agar keberlanjutan pedagang setelah direlokasi dari pedestrian Malioboro semakin sejahtera.

BACA JUGA: Ini Alasan Pemda DIY Menutup Permanen TPA Piyungan Mulai Hari Ini

"Gunungan ini juga jadi komitmen semua pihak, setelah mendapatkan gunungan ini masyarakat akan bisa kangen lagi dengan produk Teras Malioboro," katanya.

Perwakilan Muri Sri Widayati mengatakan gunungan setinggi 11 meter itu berhasil memecahkan rekor lantaran terdiri dari 4.840 produk. Ini juga menjadi gunungan rangkaian dari UMKM terbanyak yang diusulkan oleh 3.312 UMKM.

"Saya yakin ini tidak hanya untuk memecahkan rekor Muri saja, tapi juga mengenalkan produk UMKM di Teras Malioboro sekaligus menarik wisatawan dari berbagai daerah sehingga jadi andalan wisata belanja di DIY khususnya di kawasan Jalan Malibororo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement