Advertisement

Dekranasda Jogja Gelar Soft Launching Gerai Kreatif

Media Digital
Kamis, 07 Maret 2024 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Dekranasda Jogja Gelar Soft Launching Gerai Kreatif Wakil Ketua Harian Dekranasda DIY, Tazbir Abdullah (kanan), Pj. Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo (kedua kiri), dan Ketua Dekranasda Kota Jogja, Atik Wulandari Singgih Raharjo (kedua kanan) dalam Soft Launching Gerai Kreatif di Griya UMKM, Kamis (7/3/2024). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jogja menggelar Gelar Soft Launching Gerai Kreatif di Griya UMKM, Kamis (7/3). Gerai Kreatif Dekranasda Kota Jogja berhasil di-launching atas dukungan semua pihak baik Pemkot Jogja, dalam hal ini Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Jogja, serta juga Bank BPD DIY.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Jogja, Tri Karyadi Riyanto Raharjo; dan juga Pemimpin Bidang Bank BPD DIY Cabang Senopati, Woro Andini.

Advertisement

Ketua Dekranasda Kota Jogja, Atik Wulandari Singgih Raharjo mengatakan gerai ini menjadi wadah bagi para UMKM di Kota Jogja untuk bisa memamerkan dan memasarkan produk-produknya.

Diberi nama Gerai Kreatif karena Dekranasda Kota Jogja berharap para UMKM di Kota Jogja terus meningkatkan kreativitasnya, sehingga daya saing bisa meningkat lebih tinggi lagi.

"Kami berharap para UMKM di Kota Jogja bisa mendapatkan manfaat dari adanya Gerai Kreatif ini. Ada kerajinan, fesyen, kuliner. Sekitar 50 UMKM yang men-display, kami akan jadwalkan [rolling] agar semua bisa tertampung, karena baru soft launching, grand opening di awal Mei," ucapnya, Kamis.

Sebelum diubah menjadi Gerai Kreatif, kata dia, gedung tersebut juga merupakan gedung bagi UMKM, tetapi hanya di-display di galeri dan tidak ada transaksional.  “Sekarang sudah bisa dimanfaatkan sebagai tempat pemasaran dan edukasi, sekaligus Sekretariat Kantor Dekranasda Kota Jogja,” ucap Atik.

Melalui kreativitas yang semakin tinggi bisa meningkatkan daya saing UMKM Kota Jogja baik di tingkat nasional, bahkan internasional. Di tingkat lokal daya saing UMKM Kota Jogja sudah hebat berkat dukungan dari semua pengurus Dekranasda Jogja. "Tidak lepas dukungan teman-teman pengurus Dekranasda Jogja yang berjuang mewujudkan Gerai Kreatif, juga dukungan Bank BPD DIY, dukungan utama kami. Kami ucapkan terima kasih, tanpa dukungan BPD DIY ini juga tidak akan terwujud," tuturnya.

Gerai Kreatif mulai beroperasi pada Kamis mulai pukul 09.00 WIB-16.00 WIB. "Tidak menutup kemungkinan jika pada masa liburan animo pengunjung banyak kami buka sampai jam 22.00 WIB atau 23.00 WIB," ucap Atik.

Selangkah Lebih Maju

Wakil Ketua Harian Dekranasda DIY, Tazbir Abdullah mengaku bangga dan bahagia karena Dekranasda Kota Jogja sudah selangkah lebih maju, memperjuangkan kepentingan perajin dalam mempromosikan produk kerajinan melalui Gerai Kreatif.

"Dekranasda Kota Jogja telah mampu menerjemahkan fungsi dan makna sebagai sebuah lembaga dalam rangka pembinaan, pengembangan, dan mempromosikan produk unggulan kerajinan dan meningkatkan penjualan," ungkapnya.

Pj. Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo mengatakan keuntungan Gerai Kreatif adalah lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau, sehingga cocok untuk aktivitas bisnis.

Dekranasda memiliki kepentingan untuk melakukan pembinaan terhadap UMKM yang ada di Kota Jogja. Ini menjadi muara pembinaan bisa menjadi tempat pameran sekaligus tempat transaksi. "Saya sepakat dengan nama Gerai, tempat yang tidak terlalu luas di mana di situ ada transaksi penjualan dan pembelian.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement