Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Ditargetkan Rampung Lebaran

Catur Dwi Janati
Kamis, 14 Maret 2024 - 08:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Ditargetkan Rampung Lebaran Suasana konstruksi bore piled pada lahan yang sudah dibebaskan. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kontraktor pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman mengagetkan pembebasan bidang tanah terdampak tol bisa rampung lebaran nanti.

Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto mengungkapkan saat ini masih ada beberapa bidang tanah yang belum dibebaskan. Namun pembebasan lahan di lokasi pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman ditargetkan dapat selesai seluruhnya sebelum lebaran.

Advertisement

"Iya, ada 2-3 yang belum [dibebaskan] ini, nanti bisa diselesaikan lebaran kita targetnya. Kita ngoyak tenan lho [mengejar benar]. Kasihan yang sudah sendirian [rumahnya]," terang Agung pada Rabu (13/3/2024).

Tentunya target rampungnya pembebasan lahan ini menyasar pada bidang tanah berstatus Sertifikat Hak Milik (SHM). Sementara untuk bidang tanah berstatus beratus Sultan Ground atau Tanah Kas Desa (TKD) saat ini masih terus berproses.

"Mungkin lebaran kita selesaikan semua, yang milik pribadi ya, yang SHM," tegasnya.

Di beberapa bidang tanah yang belum dibebaskan, kondisinya hanya ada satu atau dua rumah yang belum menerima pembayaran UGR. Hal ini membuat pemilik rumah belum membongkar rumahnya apa lagi pindah. Sementara di kanan-kiri atau di sekelilingnya sudah mulai melakukan pembongkaran atau bahkan sudah pindah.

"Iya kurang lebih seperti, kita kasihan. Kita mau clearing tapi masih ada rumah yang belum dibebaskan kan kira repot juga," jelas Agung.

Masih adanya beberapa rumah yang belum dibebaskan membuat kontraktor kurang leluasa untuk melakukan clearing atau pembukaan lahan. Aktivitas proyek dikerjakan dengan hati-hati jangan mengganggu kenyamanan warga yang belum dibebaskan.

"Betul-betul, kan kita juga pakai kemanusiaan juga kan perasaannya. Makanya kita ngejar bantu ke PPK-nya untuk segera UGR ini diberisin. Yang sisa-sisa belum dibayarkan," tegasnya.

Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2 Trihanggo-Junction Sleman sendiri membutuhkan lahan sebanyak 889 bidang atau setara dengan 39,89 hektare. Sementara hingga 4 Februari 2024, total lahan sudah bebas mencapai 161 bidang dengan luas 28,49 hektare. Torehan ini setara dengan 71,4 persen dari total target kebutuhan lahan. Sedangkan sebanyak 161 bidang lahan atau 11,39 hektare sisanya masih belum dibebaskan.

"Kemarin itu setelah Februari ada pembayaran banyak lagi. Saya persennya [Maret ini] saya belum tahu. Nantinya saya tanyakan lagi persenannya," tuturnya.

Harapan Agung, rampungnya pembebasan lahan membuat kontraktor dapat makin leluasa melakukan aktivitas proyek. "Kita akan lebih leluasa. Kita akan memasukkan alat, melakukan pekerjaan kan lebih leluasa. Kalau sekarang kan kita masih ngemong lah, hati-hati jangan sampai nyenggol atau merugikan yang belum kena UGR," tegasnya.

Bila sudah bebas, area seputar proyek rencananya akan bisa ditutup dengan pembatas untuk meningkatkan keamanan selama pengerjaan jalan bebas hambatan ini. "Kita tutup, kita pasang seng," ujarnya.

Di sisi lain, tuntasnya pembayaran UGR bagi warga terdampak tol membuat sejumlah bidang penggarapan bisa lekas tersambung. Pasalnya, sejumlah titik penggarapan kadang belum bisa tersambung karena terhalang tanah yang belum dibebaskan.

Bila seluruh bidang lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan tol telah dibebaskan, kontraktor bisa memberlakukan jam kerja 24 jam untuk mempercepat konstruksi.

Untuk saat ini aktivitas penggarapan proyek tol yang membentang dari Tirtoadi hingga Trihanggo tersebut baru beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB sesuai kesepakatan dengan warga. "Mungkin kita bisa sif-sifan kerjaannya 24 jam itu, kalau sekarang kan belum," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensos Risma Minta Warga Dekat Sungai Jalur Banjir Lahar Hujan Marapi Segera Diungsikan

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement