Advertisement

Panduan Mudik Lebaran 2024 dari Tol Trans Jawa Menuju Tol Jogja-Solo: Tujuan Klaten, Gunungkidul, Kulonprogo dan Sleman

Sunartono
Senin, 18 Maret 2024 - 13:07 WIB
Sunartono
Panduan Mudik Lebaran 2024 dari Tol Trans Jawa Menuju Tol Jogja-Solo: Tujuan Klaten, Gunungkidul, Kulonprogo dan Sleman Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka pada (22/12) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz. \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja-Solo kini telah tersambung di tol Trans Jawa. Ruas tol Jogja-Solo sudah dua kali dioperasikan secara fungsional saat mudik Lebaran 2023 dan Natal 2023 lalu.

Saat mudik Lebaran, operasional fungsional tol Jogja-Solo ketika itu belum tersambung dengan tol Trans Jawa. Akan tetapi pada arus mudik Lebaran 2024 ini, Tol Jogja-Solo telah tersambung dengan tol Trans Jawa, sehingga para pemudik tidak perlu lagi keluar dari tol dengan melewati jalur konvensional.

Advertisement

Pemerintah memperkirakan jumlah pemudik pada tahun 2024 ini diprediksi mencapai 197 juta orang. Jumlah ini didominasi lebih banyak ke area Pulau Jawa, sehingga diperkirakan tol Trans Jawa akan pada pada saat puncak arus mudik yang diperkirakan pada tanggal 7 April hingga 9 April 2024 mendatang.

BACA JUGA : Pembukaan Lahan Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-JC Sleman Ditarget Capai 70% Sebelum Lebaran

Tol Trans Jawa secara khusus menerapkan one way untuk mencegah terjadinya penumpukan arus. Skema one way arus mudik akan diterapkan di ruas Tol Transjawa KM 72 sampai KM 414 mulai 5-7 April 2024. One way juga berlaku pada 8-9 April 2024. Untuk arus balik, one way akan diberlakukan di KM 414 hingga KM 72 mulai 12-15 April 2024 pukul 14.00 hingga 24.00 WIB.

Rute ke Tol Jogja-Solo

Para pemudik dari arah barat seperti Jakarta dan Sumatra diperkirakan akan banyak dengan tujuan kawasan Jawa Tengah, Jogja dan Solo. Kendaraan pribadi masih akan menjadi favorit sebagai alat transportasi mudik tahun ini. Selepas melewati tol di area Jawa Barat para pemudik yang menggunakan jalur Tol Trans Jawa akan masuk ke tol di wilayah Jawa Tengah.

Sejumlah ruas tol yang dilewati antara lain Tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang, Tol Pemalang-Batang, Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, Tol Batang-Semarang, Tol Batang-Semarang, Semarang ABC, Semarang-Solo, Tol Semarang-Solo Kota, Tol Semarang-Solo, Tol Semarang-Solo (Tol Boyolali).

BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Dikebut saat Ramadan, Konstruksi Capai 28 Persen

Setibanya di tol Semarang-Solo, pemudik bisa mengambil di exit toll Colomadu. Kemudian melati Simpang Susun Kartasura dan masuk ke tol Jogja-Solo. Di tol Jogja Solo, untuk fungsional disiapkan dua exit toll yaitu exit toll Ngawen dan
setibanya di Simpang Susun Karanganom, menuju Jogja ambil jalur lurus menuju ke Exit Toll Ngawen dan Exit Toll Karanganom.

Pemudiak untuk tujuan Gunungkidul bisa melewat exit toll Karanganom sehingga bisa terhubung dengan jalan Jogja-Solo di wilayah timur kota Klaten. Selanjutnya bisa mengambil ruas jalan menuju Semin tau perbatasan sisi utara Gunungkidul.

Adapun para pemudik untuk tujuan Kota Klaten, Kota Jogja, Sleman, Bantul dan Kulonprogo bisa keluar lewat pintu tol Jogja-Solo tepatnya di exit toll Karanganom Klaten. Dari exit toll tersebut kemudian berbelok ke kiri ke arah Jalan Pemuda Kota Klaten an memasuki jalan Jogja-Solo.

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Ditargetkan Rampung Lebaran

Pembukaan tol fungsional Jogja-Solo ini berlaku dari arah timur ke barat atau dari Tol Trans Jawa menuju Tol Jogja-Solo untuk arus mudik. Sedangkan fungsional arus balik diberlakukan dari barat ke timur atau dari tol Jogja-Solo menuju Tol Trans Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement