Advertisement

Pakar UGM Sebut Dampak Pemilu Terhadap PDB Sangat Kecil

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 Maret 2024 - 21:57 WIB
Maya Herawati
Pakar UGM Sebut Dampak Pemilu Terhadap PDB Sangat Kecil Pakar Forensic Accounting Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Rijadh Djatu Winardi (tengah) dalam Pojok Bulaksumur UGM pada Jumat (22/3/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pakar Forensic Accounting Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Rijadh Djatu Winardi mengatakan naiknya anggaran pemilu memunculkan harapan dampak pesta demokrasi terhadap ekonomi. Namun Rijadh justru malah melihat pola yang sama yakni setiap pemilu dilaksanakan selalu ada kenaikan komsumsi lembaga dan terjadi penurunan investasi pemerintah.

"Kalau kami melihat memang kenaikannya lebih ke kenaikan di Lembaga Non Provit Rumah Tangga (LNPRT), di mana konsumsi terkait untuk pembuatan baliho, spanduk, itu masih menjadi andalan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Rijadh, Jumat (22/3/3024) di acara Pojok Bulaksumur.

Advertisement

BACA JUGA: Kabar Gembira! THR ASN di Gunungkidul Naik 75%

Rijadh melihat pertumbuhan ekonomi saat pemilu sifatnya masih terbatas dan tidak signifikan dampaknya. Hanya terfokus LNPRT.

Di sisi lain, arus investasi tertahan. Selalu menjelang pemilu, angka investasi tidak naik di mana para pengusaha selalu mencoba untuk wait and see. "Tentunya mereka berharap agar segera selesai supaya lebih pasti dan segera bisa investasi," ujarnya.

Sementara Rijadh menuturkan efek dari dana kampanye maupun dana pemilu terhadap PDB sangat kecil. Ada namun sangat kecil. Padahal anggaran yang digunakan dalam pemilu begitu besar.  

"Sekitar 0,1-0,2 terhadap PDB. Jadi memang kecil, ada tapi kecil. Itu pun ada yang berpendapat sekarang tidak akan sebesar pemilu sebelumya," katanya.  Pasalnya sejumlah paslon tidak menggunakan dananya secara outsource tapi menggunakan perusahannya sendiri. Menggunakan perusahaannya untuk mengerjakan spanduk, kaos dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement