Advertisement

Inspektorat Daerah Gunungkidul Dorong Integritas di Seluruh Unit Kerja Pemkab

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 24 Maret 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Inspektorat Daerah Gunungkidul Dorong Integritas di Seluruh Unit Kerja Pemkab Ilustrasi PNS / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Inspektorat Daerah Gunungkidul mendorong agar amanah terhadap zona integritas diterapkan oleh seluruh unit kerja di Pemkab Gunungkidul.

Inspektur Inpektorat Daerah Gunungkidul, Saptoyo mengatakan amanah terhadap zona integritas tersebut utamanya harus diterapkan di Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) karena memiliki banyak unit/satuan kerja.

Advertisement

Inpektorat juga baru saja menggelar deklarasi komitmen pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani sekaligus gelar pengawasan di lingkungan Pemkab Gunungkidul, Jumat (22/3/2024). Pengawasan tersebut terkait dengan penyelenggaraan keuangan  di pemerintahan. “Agar tidak ada penyelewengan dan tindakan [dapat diambil] yang lebih cepat,” kata Saptoyo dalam keterangan tertulis.

Dia menambahkan bahwa zona integritas merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi pada unit/satuan kerja. Keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, efektif, dan memiliki pelayanan publik yang berkualitas agar terhindar dari praktik Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

BACA JUGA: Agar Tepat Sasaran, Inspektorat DIY Sosialisasikan Pengelolaan BKK Danais

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan bahwa kendati sistem pemerintahan dirancang sedemikian hebat sedangkan seseorang tidak memiliki jiwa integritas maka sistem seperti apapun tidak akan berjalan dengan baik. “Kalau kami mampu menjalankan tugas dengan baik maka sistem seperti ini dapat berjalan dengan baik,” kata Sunaryanta.

Kepada seluruh kepala OPD, panewu, dan perwakilan lurah di Gunungkidul, pensiunan TNI AD tersebut berpesan agar tidak melakukan tindakan korupsi atau menyeleweng lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement