Advertisement

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jihan Nabilah (M154)
Kamis, 28 Maret 2024 - 15:12 WIB
Maya Herawati
Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja Pasar Ramadan Kauman - Harian Jogja - M154

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pasar Ramadan Kauman yang bertempat di Gang Tiban Jalan KH. Ahmad Dahlan Kota Jogja menjadi salah satu tempat berburu takjil yang ramai dikunjungi masyarakat. Sekitar 50 lapak penjual menjajakan dagangannya di sepanjang Gang Tiban.

Beragam jenis makanan dijajakan oleh pedagang dari pintu masuk hingga ujung gang. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan khas India pun turut hadir di pasar Ramadan kauman. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan tradisional Jogja yang bisa Anda cicipi di setiap bulan Ramadan.

Advertisement

Kicak

Kicak merupakan makanan khas Jogja dan paling populer di Pasar Ramadan Kauman. Kicak merupakan makanan yang dibuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan dilengkapi dengan irisan nangka di atasnya. Rasanya yang manis dari ketan dan gurih dari parutan kelapa sangat pas untuk dijadikan menu takjil. Harganya pun terjangkau, satu buah kicak dijual seharga Rp5.000.

BACA JUGA: Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Jadah Manten

Makanan khas Jogja satu ini juga turut hadir dan banyak dijajakan di Pasar Ramadan Kauman. Jadah manten terbuat dari ketan yang diisi dengan suwiran ayam atau abon, lalu dibungkus dengan adonan telur dan tepung. Rasanya gurih dari perpaduan jadah dan isian dagingnya. Harga satu buah jadah manten sekitar Rp 5.000.

Songgo Buwono

Songgo Buwono merupakan makanan favorit Sultan Hamengku Buwono VIII. Songgo buwono merupakan makanan berbahan kue sus yang berisi telur, suwiran ayam, selada, dan terdapat acar sebagai pendampingnya. Makanan gurih satu ini juga cukup mudah ditemui ketika berkunjung ke Pasar Kauman. Dengan merogoh kocek Rp9.000 Anda sudah bisa membawa pulang satu buah songgo buwono.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement