Advertisement

Jelang Lebaran 2024, Destinasi Rawan Bencana Hidrometeorologi di DIY Mulai Dipetakan

Yosef Leon
Selasa, 02 April 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Jelang Lebaran 2024, Destinasi Rawan Bencana Hidrometeorologi di DIY Mulai Dipetakan Tebing Breksi / dok Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY mengaku telah memetakan sejumlah destinasi wisata yang rawan selama bencana hidrometeorologi yang bertepatan dengan masa libur lebaran mendatang. Kabupaten kota dan juga pengelola destinasi diminta waspada lantaran periode April ini musim hujan masih akan berlangsung. 

Plh Kepala Dispar DIY Anita Verawati mengatakan, dinas akan selalu mengabarkan pembaruan informasi cuaca kepada wisatawan selama libur lebaran nanti. Peringatan untuk mewaspadai destinasi tertentu juga diberikan agar tidak ada insiden yang tidak diinginkan selama masa liburan mendatang. 

Advertisement

"Total destinasi kami itu ada 350-an destinasi. Sudah kami koordinasikan dan coba petakan juga terkait tempat yang rawan bencana," kata Vera, Selasa (2/4/2024). 

BACA JUGA : Jalur dan Tarif Trans Jogja, Bisa Dipakai Keliling Wisata

Lebaran tahun ini diprediksi Jogja akan didatangi lebih banyak wisatawan dibandingkan tahun lalu. Sebab periode liburnya lebih panjang. Pada 2022 ada sebanyak 1,7 juta wisatawan yang berkunjung ke DIY pada libur lebaran dan pada 2023 turun menjadi 1,6 juta. Sementara pada tahun ini ditargetkan bisa mencapai 1,5-2 juta wisatawan. 

"PR kami masih di length of stay dan spending money. Kalau secara jumlah Jogja sudah aman. Upaya yang kami buat ada beberapa paket wisata yang dimiliki travel agent maupun destinasi wisata, masif kami promosikan. Kami juga bikin semacam link yang akan dititipkan di hotel atau posko," ujarnya. 

Sekarang lama kunjungan wisatawan domestik baru selama dua hari. Sementara untuk spending money Kemenhub RI menyebut setiap orang yang mudik akan membawa Rp3-5 juta uang dan diharapkan mereka bisa membelanjakan uang mereka sebanyak Rp2 juta saja selama berlibur di Jogja. 

"Kalau mass tourism tetap tidak bisa ditinggalkan karena Jogja itu tetap favorit, buktinya bus besar selalu ada kalau libur. Namun tinggal kita bergerak ke quality tourism saja biar mereka tinggal lama kemudian spendingnya lebih besar," ujarnya. 

BACA JUGA : Menikmati Wisata Hanya dari Atas Sepeda Motor

Selain itu, Dispar DIY juga telah mengeluarkan informasi event yang akan berlangsung selama bulan April nanti. Harapannya wisatawan akan tinggal lebih lama ketika ada agenda yang cukup menarik dan sayang dilewatkan selama libur lebaran nanti. 

"Pusat informasi masing-masing kabupaten kota semua menyiapkan, kami ada dua di Malioboro dan bandara. Kota Jogja ada di sonobudoyo dan Malioboro, Sleman di Telogo Putri dan lainnya," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Iran-Israel Bayangi Inflasi di Indonesia

News
| Senin, 15 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement