Advertisement

Pilkada 2024: Perekaman e-KTP Pemilih Pemula Ditarget Rampung Juli 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 02 April 2024 - 12:17 WIB
Sunartono
Pilkada 2024: Perekaman e-KTP Pemilih Pemula Ditarget Rampung Juli 2024 Ilustrasi perekaman e-KTP - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menargetkan seluruh pemilih pemula untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 telah perekaman e-KTP pada Juli 2024 mendatang. Disdukcapil Bantul akan menggandeng sekolah dan Balai Pendidikan Menengah (Dikmen) di Kabupaten/Kota untuk percepatan perekaman e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan ada sekitar 12 ribu orang pemilih pemula pada Pilkada 2024 yang belum perekaman e-KTP. Dari jumlah tersebut 9 ribu orang merupakan pelajar yang bersekolah di Bantul, sementara 3 ribu orang merupakan pelajar yang bersekolah di luar Bantul. 

Advertisement

BACA JUGA : Catat! Ini Tahapan Pilkada Serentak di 508 Kabupaten dan Kota

Disdukcapi akan menggandeng Balai Dikmen di setiap kabupaten kota untuk percepatan perekaman e-KTP bagi pelajar yang bersekolah di luar Bantul. "Bagi [pelajar yang bersekolah di luar Bantul] kami mempertimbangkan pengoptimalan peran lurah juga," katanya, Selasa (2/4/2024).

Adapun pelajar yang bersekolah di Bantul, Disdukcapil akan bekerja sama dengan sekolah terkait. Bagi sekolah yang siswanya cukup banyak yang belum perekaman e-KTP, pihaknya pun akan melakukan jemput bola. 

"Jadi nanti secara prinsip kami ingin percepatan [perekaman e-KTP] untuk di atas 16 tahun. [Pemilih pemula dapat] perekaman [e-KTP] ke tempat yang sudah tersedia, di Kecamatan atau Disdukcapil Bantul juga," iujarnya.

Menurut Kwintarto, percepatan perekaman e-KTP perlu diintensifkan, mengingat penyelenggaraan Pilkada tinggal beberapa bulan lagi. Dia menargetkan akan mengintensifkan perekaman e-KTP pada kurun waktu Mei-Juni 2024. 

"Harapan ya maksimal Juni-Juli [2024] kita selesaikan [perekaman e-KTP]. Karena pendaftaran pemilihan Bupati Agustus [2024]," katanya.  

Ia berharap pemilih pemula telah memiliki e-KTP saat pencoblosan Pilkada 2024. Dia mengimbau agar pemilih pemula dapat perekaman e-KTP dengan segera, agar KTP tersebut rampung sebelum Pilkada 2024. Setelah perekaman e-KTP, pemilih pemula akan otomatis didaftarkan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

BACA JUGA : KPU RI Luncurkan Tahapan Pilkada Serentak 2024

"Kalau dari masyakat tidak segera persiapan [perekaman e-KTP] saya khawatirnya dekat tanggal akhir [Pilkada] akan menumpuk," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement