Advertisement

Selama Puasa, Omzet Penyewaan Jip Wisata Lereng Merapi Anjlok sampai 95%

David Kurniawan
Selasa, 02 April 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Selama Puasa, Omzet Penyewaan Jip Wisata Lereng Merapi Anjlok sampai 95% Aktivitas jip wisata di Kawasan Museum Mbah Maridjan di Kalurahan Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Senin (12/2/2024). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Omzet penyewaan jip wisata di Lereng Merapi menurun drastis hingga 95% selama Bulan Puasa.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi, Dardiri mengatakan memasuki puasa ada penurunan kunjungan yang sangat signifikan. Di hari biasa kunjungan wisata di Lereng Merapi bisa mencapai 5.000-6.000 orang per harinya.

Advertisement

Dari kunjungan ini ada aktvitas penyewaan jip wisata hingga lebih dari 1.000 jip setiap harinya. “Kalau sekarang kondisinya sepi dan kunjungan bisa dihitung mengggunakan jari,” katanya, Selasa (2/4/2024).

Dardiri memperkirakan penurunan yang terjadi bisa mencapai 95% dibandingkan dengan hari biasa. Meski demikian, para pengelola tidak merasa khawatir dikarenakan sebelum puasa, tingkat kunjungan juga lumayan tinggi.

Selain itu, dalam waktu dekat juga sudah memasuki libur Lebaran. Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, di akhir puasa mulai terlihat peningkatan kunjungan. “Sabtu-Minggu mungkin sudah ramai karena sudah mendekat dengan libur bersama. Biasanya yang luar daerah datang untuk ngabuburit sambil menikmati keindahan Lereng Merapi di hari-hari terakhir puasa,” katanya.

Dardiri menambahkan, selama kunjungan sepi dimanfaatkan oleh pemiliki untuk memerbaiki armada. Selain perbaikan terhadap fungsi kendaraan secara menyeluruh, juga ada upaya pengecatan sehingga armada bisa lebih menarik pada saat libur Lebaran. “Mumpung sepi dimanfaatkan memerbaiki armada yang dimiliki sehingga siap menyambut Lebaran,” katanya.

BACA JUGA: Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi Gelar Niti Laku Jip Merapi, Berikut Rangkaian Kegiatannya

Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas Dishub Sleman, Boblibrianto mengatakan di Kawasan wisata Lereng Merapi terdapat wahana penyewaan jip sebanyak 1.200 unit. Keberadaan wahana ini termasuk dalam destinasi wisata minat khusus sehingga pelaksanaan harus memastikan aspek keselamatan.

Oleh karena itu, dia mengakui secara rutin melakukan kegiatan pegecekan kondisi armada jip wisata. Jelang Lebaran, di kawasan wisata ini sudah ada pengecekan terhadap 700-an jip. Adapun sisanya sekitar 500 unit akan diselesaikan setelah pengamanan Lebaran. “Petugasnya ikut piket pengamanan. Jadi, akan dilanjutkan setelah Lebaran. Untuk kepastian keamanan dan keselamatan, juga ada upaya koordinasi dengan pengelola maupun asosiasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement