Advertisement

828 Murid SD dan SMP di Kuloprogo Bakal Terima Beasiswa Tahun Ini, Segini Nominalnya

Triyo Handoko
Selasa, 02 April 2024 - 15:27 WIB
Arief Junianto
828 Murid SD dan SMP di Kuloprogo Bakal Terima Beasiswa Tahun Ini, Segini Nominalnya Siswa Sekolah - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 828 murid SD dan SMP dari kalangan tidak mampu di Kulonprogo bakal menerima beasiswa yang dananya bersumber dari APBD Kulonprogo.Program beasiswa untuk siswa SD menyasar 525 murid. Sedangkan untuk siswa SMP menyasar Rp303 siswa. Bentuk beasiswa ini berupa uang tunai yang akan dicarikan pertengahan tahun ini.

Untuk siswa SMP, besaran beasiswa sebesar Rp1,35 juta perpenerimanya yang dijadwalkan diberikan pada Juni nanti. Sedangkan untuk siswa SD sebesar Rp1 juta per penerima yang akan dicairkan pada Mei nanti.

Advertisement

Program beasiswa siswa miskin Kulonprogo ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo. Syarat utama penerima program ini adalah tergolong dari keluarga tidak mampu yang diusulkan oleh pihak sekolah.

Kepala Bidang SMP Disdikpora Kulonprogo, Dorojatun Kuncoroyakti menjelaskan beasiswa ini bertujuan untuk memastikan siswa dari keluarga ekonomi bawah dapat menempuh pendidikan.

"Meskipun pendidikan ini gratis sampai jenjang SMP, tapi untuk operasionalnya ternyata untuk keluarga kurang mampu perlu bantuan, beasiswa ini bertujuan untuk memastikan itu, agar siswa dapat menempuh program wajib belajar sembilan tahun," ujarnya, Selasa (2/4/2024).

Kuncoro menjelaskan beasiswa yang bersumber dari APBD Kulonprogo ini untuk melengkapi program bantuan lain kepada siswa tak mampu.

"Selama ini ada beasiswa PIP dari pemerintah pusat, selain itu juga ada dari Baznas. Lalu beasiswa ini untuk memastikan lagi siswa tak mampu mendapat bantuan, karena masih ada yang belum mendapat dari dua program sebelumnya," terangnya.

Dia menjelaskan tren penerima beasiswa tersebut selalu meningkat. "Kemarin kami usulkan ada peningkatan, tapi ternyata anggaran APBD terbatas, jadi jumlah tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, tetapi trennya meningkat sejak awal ada," tuturnya.

Sementara itu Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pembinaan SD, Eko Suratman menjelaskan  sebaran beasiswa ini merata di tiap kapanewon. "Kami selalu koordinasikan dengan sekolah, sebaran penerimanya merata di tiap kapanewon," ujarnya.

Selain merata, Eko juga menjamin program beasiswa itu tepat sasaran. "Karena kami melakukan verifikasi langsung dan rutin koordinasi dengan pihak sekolah, sehingga dipastikan tepat sasaran," ungkapnya.

Penerima beasiswa ini, jelas Eko, juga dari data album siswa kondisi khusus yang rutin diperbarui oleh seluruh SD di Kulonprogo. "Album siswa kondisi khusus ini data yang komprehensif terkait kondisi siswa dalam kondisi memprihatinkan, sehingga tidak hanya berdasarkan syarat administratif tertentu tapi kondisi riil siswa tersebut."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement