Advertisement

Gelar Apel, Personel SRI Siap Amankan Momen Lebaran di DIY

Media Digital
Rabu, 03 April 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Gelar Apel, Personel SRI Siap Amankan Momen Lebaran di DIY Pelaksana Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad (kiri) menyerahkan secara simbolis kebutuhan logistik pengamananlibur Lebaran kepada personel SRI DIY saatApel Siaga Pengamanan Lebarandi Laguna Pantai Glagah, Rabu (4/3/2024). - Triyo Handoko

Advertisement

KULONPROGO—Satpol PP DIY menggelar Apel Siaga Pengamanan Lebaran yang diikuti seluruh perwakilan Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) di Bumi Mataram.

Apel siaga yang digelar di kawasan Laguna Pantai Glagah, Kapanewon Temon, Rabu (3/4/2024) tersebut dimaksudkan untuk memastikan kesiapan personel menghadapi libur Lebaran.

Advertisement

Tak hanya kesiapan personel, Satpol PP DIY juga memastikan kesiapan logistik pengamanan libur Lebaran. “Total ada 328 personel SRI yang dikerahkan dalam kegiatan pengamanan Lebaran selama 12 hari, sejak Kamis [4/3/2024] hingga 16 April mendatang,” ucap Pelaksana Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad saat Apel Siaga Pengamanan Lebaran yang diikuti seluruh perwakilan Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) di kawasan Laguna Pantai Glagah, Rabu.

Noviar yang memimpin apel tersebut menjelaskan seluruh personel SRI diminta fokus mengamankan objek-objek wisata selama libur Lebaran. "Dari Pantai Sadeng, Gunungkidul sampai Pantai Glagah, Kulonprogo ini," ucap dia.

Noviar menyebut penyiagaan personil SRI itu juga dilakukan nonstop selama libur Lebaran. "Jadi siaga 24 jam, terutama saat momen libur Lebaran, agar mengantisipasi kecelakaan laut," ujar dia.

Pengamanan oleh personel SRI, kata Noviar, juga dilakukan di objek wisata lain seperti Waduk Sermo dan Gunung Merapi. "Tidak hanya objek wisata pantai, objek wisata lain juga kami siagakan. Di Waduk Sermo, misalnya, sudah kami siapkan 20 personel," tuturnya.

Adapun, logistik untuk pengamanan libur Lebaran oleh personel SRI, lanjut Noviar, juga dipastikan aman dan tersedia memadai. "Logistik keperluan penanganan, penyelamatan, hingga keperluan personel tersedia dengan baik. Seperti kami tadi berikan secara simbolis ada matras, tenda, dan lainnya," katanya.

Noviar yang juga Kepala BPBD DIY ini menyebut persiapan logistik juga dibantu oleh institusi yang dipimpinnya itu. "Dari BPBD juga memberi bantuan logistik, nanti disiapkan sinergi bersama juga," ujarnya.

BACA JUGA: Satpol PP DIY Lakukan Percepatan Pembentukan Jaga Warga

Selama kegiatan pengamanan, personel SRI DIY nantinya dibantu petugas dari lembaga lain, seperti Ditpolair Polda DIY. "Semuanya akan bersinergi memastikan libur Lebaran ini aman."

Waspadai Palung

Sementara itu, Direktur Ditpolair Polda DIY, AKBP Didik Sambodo yang turut hadir dalam apel tersebut mengaku juga akan menyiagakan personel. "Sekitar 100 personel yang menyebar dan kami juga akan dirikan posko," ucapnya.

Didik menyebut objek wisata yang patut diperhatikan dengan serius saat libur Lebaran adalah Pantai Parangtritis. "Di sana ada palung yang potensinya berpindah-pindah jadi salah satu fokus kami memastikan keamanan di sana, kami juga mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement