Advertisement

Lonjakan Penumpang Mulai Terjadi di Terminal Jombor, Paling Banyak ke Sumatra

Catur Dwi Janati
Jum'at, 05 April 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Lonjakan Penumpang Mulai Terjadi di Terminal Jombor, Paling Banyak ke Sumatra Potret agen bus Terminal Jombor yang sudah mulai ramai oleh para pemudik pada Jumat (5/4/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Terminal Jombor, Sleman mulai dipadati pemudik dari DIY menuju ke berbagai daerah di Indonesia. Kebanyakan penumpang mengambil rute ke Sumatra pada arus mudik di Terminal Jombor. 

Kepala UPT Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungan DIY, Agnes Dhiany Indria Sari mengungkapkan jumlah angkutan yang datang ke Terminal Jombor mengalami kenaikan. Hal serupa juga terjadi pada jumlah armada yang bertolak dari Terminal Jombor pun ikut meningkat jelang Lebaran. "Saat ini sudah mulai terjadi peningkatan untuk H-7 dan H-6 itu jumlah armada datang itu mengalami peningkatan kurang lebih 7,49 persen. Kemudian untuk jumlah armada berangkat itu mengalami peningkatan sekitar 7,61 persen," terang Agnes di Terminal Jombor, Jumat (5/4/2024).

Advertisement

Jumlah rata-rata harian kendaraan yang datang di Terminal Jombor, kata dia, berkisar di angka 334, tetapi saat ini rata-rata hariannya meningkat meningkat di angka 359. Selain itu rata-rata harian kendaraan yang berangkat juga sudah mulai mengalami peningkatan, dari rata-rata 335 kendaraan saat ini untuk kedatangan bus sudah mencapai rata-rata di 360 bus.

Kenaikan armada ini juga diikuti lonjakan penumpang di Terminal Jombor. Kenaikan penumpang mengalami peningkatan kedatangan sebanyak 15,09% dan keberangkatan sekitar 15,09%.

Rata-rata keberangkatan penumpang di Terminal Jombor mencapai 1400 penumpang. Saat ini jumlah keberangkatan penumpang sudah naik di angka 1611 penumpang.

Agnes memprediksi puncak arus mudik akan jatuh pada Sabtu (6/4/2024) dan Minggu (7/4/2024) pekan ini. Estimasi itu Agnes didasarkan pada sudah liburnya berbagai sektor menjelang lebaran. "Untuk puncak arus mudik itu diperkirakan mungkin Sabtu dan Minggu besok karena ini sudah mulai libur, hari terakhir kita masuk. Perkiraan sekitar 3.000 orang per hari untuk jumlah yang akan datang, kemudian arus baliknya nanti sekitar mungkin sekitar kira-kira 3.500 penumpang," tandasnya.

Ditilik dari daerahnya, keberangkatan paling banyak untuk arus mudik menuju daerah Lampung, Palembang hingga Jambi. Sementara untuk tujuan arus balik dari Terminal Jombor paling banyak ke arah Jabodetabek.

BACA JUGA: Rute Bus Trans Jogja ke Sejumlah Terminal di Jogja

Dari pantauan Harianjogja.com di Terminal Jombor, Sejumlah penumpang terlihat bersiap berangkat menggunakan bus. Kebanyakan mereka merupakan mahasiswa yang sudah libur dan memilih pulang lebih awal.

Salah satu mahasiwa yang memilih mudik lebih awal adalah, Dwi Andini. Alasannya, aktivitas kampus telah selesai dan bisa pulang lebih awal agar terhindar dari macet. Dia bersama rombongan teman-temannya berdelapan orang hendak mudik ke Sumatera. Andini sendiri hendak pulang ke Riau.

Andini memilih moda transportasi bus karena relatif lebih murah. Dia juga mengaku tidak kesulitan mencari tiket perjalanan pulang di sepekan jelang lebaran ini. Perjalanan Jogja-Riau kurang lebih bakal ditempuh Andini dalam waktu tiga hari. "Karena lebih murah. Katanya paling cepat sih tiga hari," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecaman Dunia terhadap Israel Terus Menggema di Forum PBB

News
| Minggu, 06 Oktober 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement