Advertisement

Jemaah Calon Haji di Gunungkidul Wajib Vaksinasi Meningitis

Andreas Yuda Pramono
Senin, 15 April 2024 - 14:57 WIB
Maya Herawati
Jemaah Calon Haji di Gunungkidul Wajib Vaksinasi Meningitis Ilustrasi vaksin / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Gunungkidul menegaskan bahwa jemaah calon haji wajib menjalani vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci. Vaksin tersebut merupakan salah satu upaya mencegah munculnya penyakit atau memberatkan penyakit bawaan. Dengan begitu, jemaah dapat dengan khusyuk menjalani ibadah.

Staf Jabatan Fungsional Umum Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Gunungkidul, Tomi Adhe Krisna mengatakan jemaah calon haji saat ini sedang menunggu jadwal pelaksanaan vaksin meningitis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul.

Advertisement

Adapun proses saat ini, Tomi menjelaskan berkas jemaah sejumlah 319 dokumen telah siap dan mereka sedang menunggu pengkloteran. Pengkloteran ini akan menentukan jadwal keberangkatan dan pemulangan jemaah haji.

“Dalam waktu dekat ini PHU Kankemenag Gunungkidul akan memulai manasik tingkat kabupaten dan diteruskan manasik tingkat kecamatan,” kata Tomi, Senin (15/4/2024).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Gunungkidul, Sidig Hery Sukoco membenarkan bahwa vaksin meningitis wajib diberikan dan diterima jemaah calon haji.

BACA JUGA: Sampah Lebaran Meningkat, TPA Piyungan Tetap Dibatasi

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Haji juga telah disampaikan bahwa vaksin meningitis menjadi salah satu perlindungan jemaah selama berada di Tanah Suci.

“Vaksin dapat memproteksi diri sendiri dari virus yang ada di Tanah Suci. Perbedaan cuaca juga memengaruhi,” kata Hery.

Apabila jemaah juga ingin mendapat vaksin influenza, Dinkes juga memfasilitasi. Namun, khusus vaksin influenza, jemaah perlu mengeluarkan biaya Rp200.000 karena penyedianya Bio Farma. Sedangkan, vaksin meningitis diberikan gratis.

Hery mengaku pihaknya tidak pernah mewajibkan vaksin influenza. Berkaca pada tahun 2023, beberapa jemaah mengatakan ada kewajiban untuk vaksin influenza. Meski begitu, Dinkes mengharapkan jemaah juga menjalani vaksin influenza. “Vaksin influenza itu vaksin yang hanya kami sarankan karena untuk antisipasi virus H1N1,” katanya.

Vaksinasi haji akan dimula pada Rabu (24/4/2024) di Dinkes Gunungkidul. Vaksin yang diberikan oleh Dinkes yaitu vaksin meningitis dan influenza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penjelasan KNKT Terkait Pesawat Jatuh di Lapangan Sunburst Bumi Serpong Damai

News
| Senin, 20 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement