Advertisement

Dinilai Transparan, PMI Sleman Pertahankan Opini WTP 9 Kali Beruntun

David Kurniawan
Senin, 22 April 2024 - 16:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dinilai Transparan, PMI Sleman Pertahankan Opini WTP 9 Kali Beruntun Ketua PMI Sleman Sunartono (kiri) sat menerima hasil audit berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan aset di 2023 di Kantor PMI Sleman. Senin (22/4 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PMI Sleman mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal pengelolaan keuangan dan aset yang dimiliki. Predikat ini sudah diterima sejak 2015 lalu dan berlangsung hingga sekarang.

Ketua PMI Sleman, Sunartono mengatakan, sebagai Lembaga sosial, PMI tidak hanya bergerak di bidang kemanusiaan seperti menjaga kebutuhan stok dara atau memberikan bantuan pada saat terjadi bencana alam. Namun, dalam menjalankan tugasnya ada tanggjung jawab dalam pengelolaan keuangan ke public.

Advertisement

BACA JUGA: Info Stok Darah Jogja Hari Ini, Senin 22 April 2024

Oleh karenanya, setiap tahun dilakukan audit oleh kantor akuntan publik yang telah ditunjuk. Hasil audit tentang pengelolaan keuangan dan aset di 2023 telah dikeluarkan dan PMI Sleman berhasil mempertahankan predikat WTP karena dinilai transparan dan akuntabel dalam penggunaan.

“Pengelolaan keuangan yang kami lakukan murni untuk pelayanan public. Kami tidak pernah mengambil keuntungan dari setiap kegiatan yang dijalakan,” katanya.

Sunartono menambahkan, predikat ini bisa menjadi motiviasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik ke Masyarakat. Salah satunya adalah untuk memastikan stok kebutuhan darah di PMI mencukupi sehingga tidak lagi terjadi krisis.

“Saat puasa hampir tidak ada yang donor sehingga berpengaruh terhadap stok yang dimilik. Tapi, kami berusaha dengna menggalakkan donor secara massal agar stoknya dapat segera normal secepatnya,” katanya.

Auditor Akuntan Publik, R Gati Reditya Saputra mengatakan, sebagai organisasi non profit, maka ada kewajiban dari PMI untuk memberikan informasi ke publik. Salah satunya menyangkut dengan penggunaan anggaran dan aset yang dimiliki.

BACA JUGA: Pengerahan ASN Dukung Prabowo-Gibran Tak Cukup Bukti, Berikut Putusan MK

Menurut dia, proses audit di PMI Sleman sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu. Adapun hasilnya tidak diketemukan risiko besar dalam pengelolaan yang dijalankan di tahun lalu.

“Berdasarkan hasil dari audit, maka PMI Sleman mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian,” katanya.

Ia menjelaskan, proses audit yang dilakukan tidak dengan sembarangan. Pasalnya, sudah ada pedoman atau standarisasi yang digunakan oleh akuntan di Indonesia.

“Sudah ada pedomannya dan itu yang menjadi dasar saat proses audit berlangsung. Hasilnya, tidak ada yang mencurigkan sehingga opini WTP dapat dipertahankan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unboxing Paket Mainan Megatron, Kemenkeu Pastikan Itu Bukan Ulah Bea Cukai

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement