Advertisement

Usai Libur Lebaran, Proyek Pembangunan Tol Jogja-Solo Kembali Dikebut

Catur Dwi Janati
Senin, 22 April 2024 - 19:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Usai Libur Lebaran, Proyek Pembangunan Tol Jogja-Solo Kembali Dikebut Potret sejumlah aktivitas proyek di area Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa // PT Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Usai libur lebaran, pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman kembali melanjutkan pengerjaan proyek di ruas Trihanggo-Tirtoadi. Pembuatan struktur bore pile penyangga tol menjadi salah satu aspel yang paling banyak dikebut pasca lebaran.


Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto menjelaskan aktivitas proyek penggarapan tol sudah mulai berlaku efektif sejak Senin (15/4/2024). Sebelumnya seluruh aktivitas proyek dan pekerja diliburkan selama lebaran. Mobilisasi alat berat pengangkut material tol bahkan sempat dihentikan sejak 5 April hingga 15 April. 

Advertisement

BACA JUGA: Selain Kubu AMIN, Putusan MK juga Tolak Permohonan Kubu GAMA

Penggarapan konstruksi bore pile menjadi salah satu agenda pengerjaan yang digenjot usai libur lebaran. Bore pile sendiri merupakan pondasi dalam yang bentuknya menyerupai tabung yang ditancapkanke dalam tanah dengan cara pengeboran tanah.

"Pengerjaan borepile dipercepat. Penambahannya sekarang masif untuk konstruksi borepile-nya," terang Agung dikutip pada Senin (22/4/2024).

Selain mempercepat penambahan konstruksi bore pile, kontraktor juga bergegas menyelesaikan kebutuhan box culvert atau gorong-gorong kotak. Sesuai namanya box culvert merupakan beton berbentuk persegi dengan rongga besar di tengahnya. Boks ini dapat digunakan sebagai jalur drainase maupun struktur underpass untuk lalu-lintas kendaraan di bawah jalur tol. 

"Box culvert itu dari 20 sudah jadi 17, jadi kurang tiga," ungkapnya. 

Di sisi lain, meski konstruksi tol belum masuk di area ring road Trihanggo, kontraktor mulai melakukan clearing di tikungan Ngawen. Proyeksinya, akses ini digunakan untuk mobilisasi angkutan proyek agar bisa langsung masuk dari ring road ke area penggarapan tol.

"Merapikan lahan yang di Tikungan Ngawen sudah kita bebaskan sudah kita clearing, terus ada jembatan, sehingga lalu lintas bisa masuk dari ring road langsung ke area proyek 

Tak hanya sektor konstruksi, aspek pembebasan lahan di trase Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman (Tirtoadi) pun terus dikebut. Teranyar, pembebasan lahan telah menyentuh angka 81 persen. "Sudah terbebas 81 persen jadi kita sudah leluasa," imbuhnya. 

Selain ruas Trihanggo-Junction Sleman yang kembali digarap usai libur lebaran, penggarapan tol Jogja-Solo di ruas Kartosuro-Purwomartani juga dilanjutkan pasca dibuka fungsional.

Sebelumnya Direktur Utama  PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rudy Hardiansyah mengatakan pasca dibuka secara fungsional selama periode lebaran mulai Colomadu hingga Ngawen, jalur fungsional Tol Jogja-Solo kembali ditutup pada 15 April 2024 pukul 17.00 WIB. Penutupan ini juga menandai kembali bergulirnya proses konstruksi Tol Jogja-Solo Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani. "Akan dilanjutkan kembali proses pengerjaan konstruksinya,"  ujarnya.

Secara umum, Tol Jogja-Solo memiliki total panjang 96,57 kilometer dengan masa konsesi selama 40 tahun. Jalan bebas hambatan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini diproyeksikan dapat mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur di Indonesia. Proyek ini juga dibangun untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa logistik, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas di Pulau Jawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement