Advertisement

Semangat Entrepreneur Harus Ditumbuhkan Sejak Dini

Media Digital
Kamis, 02 Mei 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Semangat Entrepreneur Harus Ditumbuhkan Sejak Dini Bedah buku berjudul Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak di Joglo Pawirosumarto, Dusun Gesikan, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Kamis (2/5/2024). - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bekerja sama dengan DPRD DIY menggelar bedah buku berjudul Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak di Joglo Pawirosumarto di Padukuhan Gesikan, Kalurahan Sidomoyo, Kapanewon Godean, Kamis (2/5/2024). Diharapkan program ini dapat meningkatkan minat baca di masyarakat.

Anggota DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan mengatakan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, jajarannya bersama DPAD DIY menggelar bedah buku. Tema atau judul buku yang dibedah seusai dengan pembinaan dan pendidikan anak.

Advertisement

“Bedah buku berjudul Menyiapkan dan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur pada Anak ini melibatkan orang tua, baik ibu maupun bapak serta kalangan remaja,” kata Sofyan di sela-sela kegiatan, Kamis.

Menurut dia, bedah buku bertujuan meningkatkan literasi di masyarakat. Dia berharap program ini juga dapat menambah wawasan tentang upaya mengasuh anak, khususnya dalam menumbuhkembangkan semangat enterpreneur.

Menurut dia, semangat entrepreneur tidak melulu dengan urusan bisnis. Sofyan berpendapat bahwa ini berkaitan dengan menumbuhkan semangat kerja keras, pantang menyerah serta mengasah kemampuan akal dan pikiran untuk lebih kreatif.

Selain itu, bisa memecahkan terhadap permasalahan yang dihadapi. Di sisi lain, dapat melihat atau menciptakan peluang yang dimiliki sehingga bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Inti dari semangat entrepreneur adalah bisa mengubah suatu barang dapat memiliki nilai yang lebih. Jadi, untuk bisa mewujudkannya dibutuhkan semangat, kreatif dan inovatif,” katanya.

Menurut dia, buku yang telah diberikan bisa dibaca dan dipelajari sehingga wawasan yang diperoleh bisa diterapkan dalam mengasuh anak. “Menumbuhkan semangat entrepreneur sejak kecil sangat dibutuhkan karena bagian menciptakan sumber daya manusia yang unggul,” katanya.

BACA JUGA: Bedah Buku Bertema Religi, Ajak Masyarakat Lebih Dekat dengan Tuhan

Sekretaris DPAD DIY, Martono Heri Prasetyo, mengatakan acara bedah buku terselenggara berkat kerja sama dengan DPRD DIY dan digelar di seluruh kabupaten dan kota di DIY. Tujuan utama kegiatan untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

“Tema kali ini berkaitan dengan pendidikan anak. Semoga buku yang diberikan bisa menjadi panduan dan menambah wawasan untuk menyiapkan anak menjadi seorang entrepreneur,” katanya.

Menurut dia, upaya peningkatan minat baca tidak hanya melalui program bedah buku. Saat ini DPAD DIY memiliki banyak program yang ada di kantor di Jalan Raya Janti di Kalurahan Wonocatur, Banguntapan.

“Di sana masyarakat bisa membaca atau meminjam buku. Selain itu, ada diorama tentang sejarah DIY serta ada ruang bercerita hingga bioskop enam dimensi yang bisa diakses pengunjung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Liga Arab Serukan Pengerahan Pasukan Perdamaian PBB di Palestina

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement