Advertisement

Kepala DPUPKP Bantul Mau Maju Pilkada, Begini Tanggapan Bupati Halim

Jumali
Selasa, 14 Mei 2024 - 15:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kepala DPUPKP Bantul Mau Maju Pilkada, Begini Tanggapan Bupati Halim Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bupati Bantul Abdul Halim Muslih angkat bicara terkait kabar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul, Aris Suharyanta yang hendak maju pada Pilkada Bantul 2024.

"Ya, kan siapa pun boleh mencalonkan diri. Dan, itu dijamin oleh undang-undang. Soal kabar itu, tanyakan langsung kepada yang bersangkutan. Apakah rumor atau betulan saya kan tidak tahu," kata Halim, ditemui, Selasa (14/5/2024).

Advertisement

Sementara Ketua KPU Bantul Joko Santoso, sesuai dengan pasal 7 UU nomor 10 2016, huruf s, bahwa persyaratan calon harus menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai, TNI, Polri, PNS, kepala desa, sejak ditetapkan sebagai pasangan calon.

"Jadi harus mundur, jika sudah ditetapkan. Jika masih dalam tahap pejaringan tidak harus mundur," katanya.

Sebagaimana diketahui, DPC Partai Gerindra Bantul tengah menggodok dua nama dari eksternal partai untuk dicalonkan sebagai bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024.

BACA JUGA: Forkom PAC PDIP Jogja Dukung Calon Walikota dan Wakil Walikota dari Kader Banteng Sejati

Kedua nama tersebut adalah Kepala DPUPKP Kabupaten Bantul, Aris Suharyanta dan tokoh masyarakat asal Sedayu yang juga kerabat dari mantan Presiden RI, Soeharto, Aryo Winoto.

"Kami memang sedang melakukan komunikasi di tingkat internal. Sejauh ini ada dua nama eksternal yang sedang kami godok. Kedua nama tersebut adalah Pak Aris Suharyanta, dan Aryo Winoto," kata Ketua DPC Gerindra Bantul Datin Wisnu Pranyoto ditemui, Senin (13/5/2024).

Menurut Datin, untuk Aris Haryanto saat ini masih berstatus sebagai ASN. Namun, per 1 Juli 2024, Aris dipastikan sudah tidak lagi menjadi ASN karena telah pensiun. Sejauh ini, untuk Aris Suharyanta, dari komunikasi dengan DPC Partai Gerindra Bantul siap untuk maju sebagai balon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024.

"Untuk pak Aris siap untuk posisi baik bupati maupun wakil bupati Bantul. Begitu juga dengan pak Aryo," imbuh Datin.

Lebih lanjut Datin mengungkapkan, kedua nama ini selama ini telah menjalin komunikasi intens dengan pihaknya. Apalagi, DPC Partai Gerindra Bantul pada Pilkada 2024 tidak membuka pendaftaran balon bupati dan wakil bupati Bantul secara terbuka.

"Di tempat kami tidak ada pembukaan pendaftaran dan penyerahan formulir. Cuman sistem kami adalah pendekatan secara kekeluargaan. Tentunya nanti siapa yang direspon oleh masyarakat direspon tinggi, itu kemungkinan itu kami ajukan," jelas Datin.

Terkait dengan peluang dari Aris Suharyanta, Datin mengaku sangat besar. Sebab, Aris sudah dikenal oleh para pengurus DPC Partai Gerindra Bantul. Meskipun status Aris selama ini dikenal sebagai ASN, namun komunikasi dengan DPC Partai Gerindra Bantul telah intens dilakukan.

"Kami kan juga punya tahapan. Setelah pendekatan ke masyarakat, nanti kita laporkan berjenjang ke DPD dan ke DPP. Untuk saat ini kami tidak ada batasan kapan harus melaporkan," ungkap Datin.

Terpisah, Aris Suharyanta ketika dikonfirmasi mengaku enggan banyak berkomentar. Aris mengaku saat ini masih akan fokus menyelesaikan tugasnya sebagai ASN.

"Saya fokus kerja sebagai ASN dulu. Soal maju atau tidak dalam pilkada, nanti lihat perkembangan," kata Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Ingin Pesawat Angkutan Haji Tidak Lagi Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement