Advertisement

Libur Panjang Hari Raya Waisak: Ini Lokasi Parkir Terdekat Malioboro Jogja

Sunartono
Rabu, 22 Mei 2024 - 17:37 WIB
Sunartono
Libur Panjang Hari Raya Waisak: Ini Lokasi Parkir Terdekat Malioboro Jogja Ilustrasi tarif parkir / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Hari Raya Waisak 2024. Oleh karena itu terdapat long weekend atau libur panjg mulai dari Kamis (23/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024). Wisatawan biasanya memanfaatkan libur panjang ini untuk berwisata di Jogja dengan tujuan Malioboro.

Masuk ke destinasi wisata Malioboro memang gratis. Akan tetapi anda harus mengetahui lokasi parkir di kawasan ini agar tidak terlalu jauh berjalan menuju ke Malioboro.

Advertisement

BACA JUGA : Mau ke Malioboro? Ini Lokasi Parkir yang Bisa Dipakai

Berikut ini adalah lokasi parkir di kawasan terdekat dengan Malioboro Jogja:

1. Parkir Ketandan

Harianjogja.com akan menempatkan taman parkir Ketandan ini sebagai rekomendasi pertama. Alasannya karena tempat parkir ini dikelola secara resmi oleh pemerintah dalam hal ini Dishub DIY sehingga proses pembayaran sesuai dengan ketentuan bahkan bisa disebut sangat normal dan tidak mengenal istilah nuthuk.

Tempat parkir ini tergolong luas untuk kendaraan roda empat. Lokasi Parkir Ketandan beradadi Kompleks kampung Ketandan atau sebelah timur kawasan Malioboro tepatnya selatan Jalan Suryatmajan (Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY). Tempat Parkir ini bisa diakses lewa Jalan Malioboro kemudian berbelok ke Jalan Suryatmajan lalu masuk melewati ruas jalan di sebelah barat Hotel Melia Purosani.

2. Parkir Beskalan

Pakir Beskalan berada di sebelah barat Malioboro, sangat dekat dengan Jalan Malioboro. Tempat Parkir ini juga dikelola oleh Dishub DIY, saat masuk pengendara akan diberikan struk dan ketika keluar barulah muncul tagihan. Selain di lantai bawah tempat parkir beskalan juga ada di lantai atas.

Lokasi Parkir Beskalan ini bisa diakses dengan melewati Jalan Malioboro kemudian berbelok ke barat atau Jalan Beskalan tepat berada di sebelah selatan Ramai Mall. Bedanya kawasan parkir ini cenderung lebih sempit dibandingkan Ketandan. Selain itu pada jam tertentu seperti saat penutupan jalan Malioboro mulai pukul 18.00-21.00 WIB sulit diakses kendaraan roda empat.

3. Parkir Senopati

Tempat parkir Jalan Senopati adalah parkir yang paling mudah diakses wisatawan. Parkir ini dikelola oleh Pemkot Jogja, tetapi sayangnya sistem yang digunakan tidak seperti Beskalan dan Ketandan. Di Parkir Senopati keluar masuk secara manual tanpa struk dan data berapa lama durasi tidak bisa dipantau.

BACA JUGA : Wisatawan Kota Jogja Diminta Gunakan Kantong Parkir Resmi, Ini Tarifnya

Selain itu tempat parkir ini lebih banyak digunakan untuk bus berukuran besar. Sehingga para pengelola parkirnya lebih banyak menampung untuk bus pariwisata. Lokasi tempat parkir ini tepat berada di sebelah timur Titik Nol Kilometer Malioboro atau di depan Taman Pintar.

4. Parkir Abu Bakar Ali

Tempat parkir Abu Bakar Ali berlokasi di ujung sebelah utara Jalan Malioboro atau sebelah timur Stasiun Tugu. Tempat parkir ini bisa digunakan untuk bus, mobil dan kendaraan roda dua untuk lantai atas. Tempat parkir ini dikelola oleh Pemkot Jogja dengan sistem sama dengan Parkir Senopati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ibadah Haji 2024, DPR Segera Bentuk Pansus untuk Evaluasi

News
| Senin, 17 Juni 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement