Advertisement

Ini Potensi Kelurahan Purwokinanti yang Maju ke Tingkap DIY pada Lomba Kelurahan

Alfi Annisa Karin
Kamis, 23 Mei 2024 - 18:07 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Potensi Kelurahan Purwokinanti yang Maju ke Tingkap DIY pada Lomba Kelurahan Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat DIY di Kelurahan Purwokinanti, Pakualaman beberapa waktu lalu / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kelurahan Purwokinanti, Kemantren Pakualaman maju ke tingkat DIY pada gelaran Lomba Kelurahan Tingkat DIY pada 2024. Kelurahan Purwokinanti dinyatakan lolis verifikasi lapangan beberapa waktu lalu.

Lurah Kelurahan Purwokinanti Moch Ismail menyebut, ada beberapa daya tarik di Kelurahan Purwokinanti. Ini menurutnya menjadi alasan dipilihnya Kelurahan Purwokinanti lolos pada tingkat selanjutnya. Ismail mengatakan beberapa potensi yang dimiliki meliputi UMKM, kerajinan, hingga guyub rukun kelembagaan. Ada juga s budaya serta kelompok fotografi di CPC Studio yang menjadi tempat belajar gratis bagi warga atau wisatawan.

Advertisement

"Selain itu, potensi lainnya adalah Galeri UMKM. Di dalam galeri terdapat berbagai macam UMKM seperti kerajinan, kuliner, batik, dan sebagainya," ujar Ismail.

Dia menambahkan, Galeri UMKM bekerja sama dengan Hotel Jambuluwuk dalam hal peningkatan kesejahteraannya. Pengunjung hotel yang menginap selanjutnya akan diberi voucher diskon untuk membeli barang di Galeri UMKM. Kerja sama UMKM dan Hotel Jambuluwuk ini merupakan salah satu upaya untuk ikut ‘Nglarisi’, sehingga roda perekonomian UMKM di Kelurahan Purwokinanti terus berputar.

BACA JUGA: Punya Inovasi 5 Klaster, Rejowinangun Masuk Lima Besar Kelurahan Terbaik Se-Kota Jogja

Di sisi lain, Kelurahan Purwokinanti juga punya berbagai produk kerajinan unggulan. Mulai dari kerajinan kuningan, rotan, koleksi pelukisan profesional, hingga batik khas Purwokinanti. Dalam hal seni pertunjukkan, Kelurahan Purwokinanti juga punya Tari Purbo Budoyo atau Tari Jampi Jogja.

"Saya berharap, potensi yang ada di Kelurahan Purwokinanti ini akan bisa menjadi penilaian lebih untuk maju di tingkat Regional,” kata Ismail.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aset Tersangka Kasus DUgaan Korupsi Kemenkes Disita, Ada Robot hingga Rumah Rp30 Miliar

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement