Advertisement

Punya Inovasi 5 Klaster, Rejowinangun Masuk Lima Besar Kelurahan Terbaik Se-Kota Jogja

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 26 April 2024 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Punya Inovasi 5 Klaster, Rejowinangun Masuk Lima Besar Kelurahan Terbaik Se-Kota Jogja Penilaian Kelurahan Rejowinangun sebagai satu dari lima kelurahan terbaik pada penilaian Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Jogja Tahun 2024, Kamis (25/4 - 2024) / Dokumentasi Kelurahan Rejowinangun

Advertisement

Harianjogja.com, KOTAGEDE—Tiap kelurahan di Kota Jogja berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi dalam hal pemberdayaan masyarakat atau menggerakkan roda perekonomian. Salah satunya adalah Kelurahan Rejowinangun, Kemantren Kotagede, Kota Jogja.

Salah satu inovasi Kelurahan Rejowinangun yang masih eksis adalah adanya pembagian 5 klaster. Misalnya saja, Klaster Budaya di RW 01 hingga RW 05. Di sana ada kegiatan Sanggar Manukberi dan even Kampung Srawung.

Advertisement

BACA JUGA: Dramatis, Garuda Muda Maju ke Semifinal Piala Asia usai Kalahkan Korsel Lewat Adu Penalti, Sejarah Baru Timnas Indonesia

Lalu, ada Klaster Kerajinan di RW 06 dan RW 07 dengan produk kain rajut dan eco print. Ada juga Klaster Herbal di RW 08 dan RW O9, Klaster Kuliner di RW 10, dan Klaster Agro di RW 11 hingga RW 13.

Lurah Rejowinangun Handani Bagus Setyarso menuturkan kelima klaster itu menjadi program unggulan dan kerap mengikuti kompetisi. Terbaru, inovasi itu dinilai oleh 34 OPD Kota Jogja dalam rangka Evaluasi Perkembangan Kelurahan Tingkat Kota Jogja Tahun 2024. Kelurahan Rejowinangun bahkan menempati posisi lima besar.

"Penilaian terkait dengan pengembangan potensi kelurahan termasuk administrasinya," kata Handani, Kamis (25/4).

Selain 5 klaster, Handani menyebut program Lorong Sayur dan pengolahan sampah di Kelurahan Rejowinangun juga menjadi program unggulan. Dia menjelaskan, ada inovasi pembakaran sampah dengan abu kecil dan tingkat polusi yang kecil juga.

"Program unggulan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan sebagai upaya peningkatan ekonomi," imbuhnya.

Paparan lurah terkait inovasi kelurahan akan menjadi penilaian. Lima kelurahan dengan inovasi dan evaluasi terbaik selanjutnya akan diajukan untuk mengikuti kompetisi di tingkat Provinsi DIY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement