Advertisement

Bus Pariwisata Terbakar di Kawasan Malioboro Jogja, Api Berasal dari Charger Ponsel

Lugas Subarkah
Rabu, 29 Mei 2024 - 12:07 WIB
Sunartono
Bus Pariwisata Terbakar di Kawasan Malioboro Jogja, Api Berasal dari Charger Ponsel Petugas Damkarmat Kota Jogja memadamkan api dari bus wisata di parkiran Senopati Selasa (28/5/2024) malam. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah bus wisata yang membawa siswa study tour dari Cirebon mengalami kebakaran saat sedang diparkir di area parkir Senopati kawasan Malioboro Jogja, Selasa (28/5/2024) malam. Kebakaran disebabkan charger yang terhubung ke soket AC hingga korsleting. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kasi Humas Polresta Jogja, AKP Sujarwo, menjelaskan kebakaran ini terjadi pada pukul 20.00 WIB. Armada yang terbakar yakni bus pariwisata milik PT Kubahiijo Arsyad Marabel, Nomor Polisi E 7603 KC. “Plafon atap bus bagian tengah terbakar, panel AC atas jok no. 6 terbakar, jok penumpang no. 6 terbakar sebagian,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (29/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA : BPBD Bantul Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Kebakaran Selama Musim Kemarau

Kejadian ini bermula sekitar pukul 19.00 WIB, bus dan rombongan dari SMP Bina cendekia Cirebon dengan menggunakan 2 bus tiba di parkiran Senopati. “Jumlah penumpang per bus 54 orang, bus diparkir dan mesin dimatikan. kemudian penumpang turun dan melakukan wisata di Malioboro,” katanya.

Sekitar pukul 20.00 WIB seorang siswa akan menaruh oleh-oleh dan melihat asap di dalam bus. Siswa itu pun langsung melaporkan kepada sopir bus dan dilihat ternyata sumber api berasal dari kabel charger yang menempel di soket panel AC rak tas, di atas bangku penumpang No. 6 yang masih menempel. “Charger terbakar dan api menyambar jok no. 6 berikut plafon di sekitarnya,” ungakapnya.

Mengetahui kejadian tersebut, pihak pengelola parkir Senopati menghubungi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja. Menggunakan satu armada truk pemadam kebakaran, personel Damkarmat Kota Jogja berhasil memadamkan api selama 15 menit.

“Saat ini rombongan bus dan sopir sudah berkoordinasi untuk tidak akan melanjutkan perjalanan kembali ke Cirebon dengan menggunakan Armada tersebut, dikarenakan alasan keamanan,” kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho, mengatakan berdasarkan pemeriksaan pada armada, bus tersebut dipastikan layak jalan. “Surat izin KIR hidup, bus layak jalan. Tidak ada kendala untuk perjalanan jauh termasuk study tour,” ungkapnya.

BACA JUGA : Kilang Minyak di Balikpapan Terbakar, Polisi Turun Tangan Selidiki Penyebab Kebakaran

Study tour ini direncanakan akan langsung pulang ke Cirebon. Namun karena harus menunggu armada pengganti, para peserta study tour pun untuk sementara ditampung di kantor Kemantren Gondomanan. “Untuk istirahat dan tidur di sana. Bus pengganti mungkin lama datangnya, kasihan kalau tetap di sana,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement