Advertisement

Cari Bibit Paduan Suara untuk Tampil Saat Upacara Kemerdekaan, Disbud DIY Gelar Audisi GBN

Media Digital
Rabu, 29 Mei 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Cari Bibit Paduan Suara untuk Tampil Saat Upacara Kemerdekaan, Disbud DIY Gelar Audisi GBN Sosialisasi terkait audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara di Dinas Kebudayaan DIY, Rabu (29/5) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

JOGJA—Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY menggelar audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) DIY. Kegiatan dengan tajuk GBN 24 Memanggil ini menyasar pelajar SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi.

Audisi dilakukan untuk mencari bibit-bibit penyanyi paduan suara yang akan ikut serta mengiringi Upacara Kemerdekaan Indonesia di IKN pada Agustus mendatang.

Advertisement

Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Adat Tradisi Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY Yuliana Eni Lestari Rahayu menuturkan kegiatan GBN adalah penampilan seni musik dan seni suara yang diramu dalam bentuk paduan suara dan orkestra.

Dia menambahkan, dibentuknya GBN juga dalam rangka meningkatkan pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan musik dan seni suara, serta pembinaan generasi muda dalam bidang seni dan budaya.

"GBN tahun ini akan menjadi peristiwa yang menarik, sebab untuk pertama kalinya Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara," ujar Eni saat ditemui di Kantor Dinas Kebudayaan DIY, Rabu (29/5/2024).

Eni mengatakan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi peserta. Diantaranya berusia 16-23 tahun, ber-KTP DIY, belum menikah, dan mampu bernyanyi sesuai dengan jenis suara yang dimiliki (sopran dan alto untuk putri serta tenor dan bass untuk putra). Peserta juga harus menguasai notasi musik baik notasi balok dan notasi angka (Prima Vista).

BACA JUGA: Audisi GBN Tingkat DIY Rampung, Ini Daftar Pemenangnya

"Bagi tiga peserta terpilih dan dinyatakan lolos berdasarkan keputusan dewan juri bersedia serta mendapatkan persetujuan dan orang tua dan atau sekolah atau perguruan tinggi untuk mengikuti rangkaian kegiatan GBN di IKN," imbuhnya.

Sementara itu, ada beberapa kriteria penilaian juri yang patut menjadi perhatian para peserta. Eni menyebut, penilaian diantaranya meliputi teknik, intonasi, ritmik, ekspresi, penampilan, hingga materi suara. Kemampuan membaca notasi Prima Vista dan wilayah suara serta jenis suara juga turut menjadi penilaian.

Nantinya Disbud DIY akan mencari peserta terbaik dari masing-masing jenis suara. Baik sopran, alto, tenor, dan bass. "Pemenang dan penghargaan bagi pemenang audisi GBN 2024 di tingkat daerah akan mendapatkan piagam, plakat dan uang pembinaan," tuturnya.

Disbud DIY akan membuka pendaftaran peserta mulai 30 Mei hingga selambat-lambatnya 30 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement