Advertisement

DKPP Bantul Seleksi 5 Sapi untuk Hewan Kurban Gubernur dan Presiden

Newswire
Kamis, 30 Mei 2024 - 01:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
DKPP Bantul Seleksi 5 Sapi untuk Hewan Kurban Gubernur dan Presiden Prosesi penyembelihan sapi kurban bantuan dari Presiden Jokowi di Dusun Singkil 1 di Kalurahan Tepus, Tepus. Kamis (29/6/2023) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul mengajukan 15 sapi dari peternak. Hewan tersebut akan diseleksi menjadi hewan kurban yang dibeli Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Presiden Joko Widodo.

"Kami mengajukan 15 ternak, yang kemarin sudah ajukan 10 ternak ternyata ada tambahan lagi lima ekor untuk seleksi sebagai hewan kurban Gubernur dan Presiden," kata Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo di Bantul, Rabu (29/5/2024).

Advertisement

Menurut dia, dari 15 ternak sapi tersebut, pada Rabu (29/5) ini sudah mulai dilakukan pengecekan dan pemeriksaan oleh tim dari Sekretariat Presiden RI dan Gubernur DIY untuk memastikan apakah memenuhi kriteria sebagai hewan kurban Presiden dan Gubernur.

Dia mengatakan sapi-sapi yang diajukan untuk hewan kurban tersebut memiliki bobot rata-rata satu ton, bahkan disebutnya ada yang beratnya mencapai 1,1 ton. Untuk jenis sapi adalah PO, Si Metal, dan jenis Limosin, dan telah diuji di laboratorium kesehatan hewan.

"Jadi, sekarang ini lagi diseleksi sebanyak 15 ekor dari tim, nanti yang dapat berapa kita tidak tahu, keputusan bukan di kami, tetapi hari ini tim sudah turun ke Bantul, kalau kepastian kapannya kita belum tahu," katanya.

Baca Juga

Sapi dari Bantul Masuk Kriteria Ternak yang Akan Dibeli Presiden Jokowi

Warga Gedangsari Gunungkidul Dapat Bantuan Sapi Kurban dari Jokowi

Iduladha, Presiden Jokowi Menyumbang Sapi Aberdeen Angus Seberat 1.030 kg untuk DIY

Dia mengatakan di Kabupaten Bantul memang terdapat sejumlah sentra ternak sapi, sehingga setiap tahun mengajukan ternak untuk hewan kurban Presiden, pihaknya tidak ingat pasti, namun beberapa tahun lalu, sapi dari Bantul pernah dibeli Presiden untuk hewan kurban.

"Ternak yang diajukan tahun ini untuk diseleksi beberapa tahapan itu ada yang berasal dari Kecamatan Pleret kemudian Dlingo, dan Piyungan. Kalau lima tambahan tersebut berasal dari Sedayu dan Kasihan," katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan kurban di tempat penampungan dan pasar hewan juga terus dilakukan petugas kesehatan hewan hingga mendekati penyembelihan hewan kurban pada Lebaran Haji 2024.

"Sampai saat ini teman-teman di lapangan telah mengecek di beberapa titik lokasi penampungan ternak dan pasar hewan, hasilnya kondisi ternak-ternak secara umum sehat semua, aman dan layak untuk hewan kurban pada tahun ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement