Advertisement

Kementerian Pertanian Sebut Tingkat Produksi Susu Nasional Masih Jauh dari Kebutuhan

Catur Dwi Janati
Sabtu, 01 Juni 2024 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
Kementerian Pertanian Sebut Tingkat Produksi Susu Nasional Masih Jauh dari Kebutuhan Suasana peringatan Hari Susu Nusantara dan Sedunia pada Sabtu (1/6/2024). - Istimewq // Fakultas Peternakan UGM

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN -- Fakultas Peternakan UGM bersama Kementerian Pertanian menggelar acara minum susu bersama ratusan anak-anak TK dan SD di DIY. Di momen peringatan Hari Susu Nusantara dan Sedunia ini, tingkat produksi dan konsumsi susu yang rendah dinilai masih menjadi pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. 

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah menungungkapkan secara kualitas maupun kuantitas produksi susu Indonesia saat ini masih kurang. Nasrullah mengilustrasikan, kebutuhan susu di Indonesia saat ini mencapai 4,3 juta ton per tahun. Sementara produk susu nasional saat ini bahkan belum menyentuh angka 1 juta ton per tahunnya. 

Advertisement

Angka di atas juga menunjukkan jika kontribusi susu nasional terhadap kebutuhan susu nasional hanya sekitar 20%. Tak pelak, untuk mencukupinya dibutuhkan skema impor sekitar 80% susu dari luar negeri.

"Ini merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi berbagai stakeholder untuk berkolaborasi menanggulangi masalah ini," kata Nasrullah Sabtu (1/6/2024).

Di samping itu, tingkat konsumsi susu di kalangan masyarakat juga masih rendah bila dibandingkan negara-negara tetangga. Karenanya di momen Hari Susu Nusantara dan Sedunia ini dinilai Nasrullah jadi kesempatan untuk mencari solusi bagaimana meningkatkan tingkat konsumsi susu masyarakat. "Susu adalah sumber protein dan gizi yang akan sangat menentukan kualitas serta kecerdasan masyarakat," tegasnya.

BACA JUGA: Mahasiswa UGM Akan Pecahkan Rekor MURI Minum Susu

Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Budi Guntoro berpandangan bila gerakan minum susu perlu terus digencarkan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Senada dengan Nasrullah, kandungan yang ada di dalam susu kaya akan protein hewani yang sangat bermanfaat bagi peningkatan gizi anak. 

Untuk itu di peringatan Hari Susu Nusantara dan Sedunia ini Fakultas Peternakan UGM bersama Kementerian Pertanian mengajak sekitar 200 anak TK-SD untuk mengikuti kegiatan minum susu bersama. Selain minum susu, anak-anak kemudian juga diajak untuk mengikuti lomba mewarnai, menggambar dan menyanyi.

"Maka di Hari Susu Nusantara ini kita kenalkan dan promosikan minum susu bagi anak-anak TK dan SD," ungkapnya. (Catur Dwi Janati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Stok Darah PMI DIY Rabu 3 Juli 2024

Stok Darah PMI DIY Rabu 3 Juli 2024

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dampak Timbunan Sampah, Indonesia Berpotensi Rugi Rp551 Triliun Per Tahun

News
| Rabu, 03 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement